Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Bendungan Solusi Atasi Krisis Air Bersih

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Krisis air bersih yang menjadi “penyakit” tahunan warga Bima khususnya Kota Bima, nampaknya menjadi momok. Kedepan agar “penyakit” tidak terus menjalar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, mendorong pembangunan Bendungan.

Pembangunan bendungan ini kata Kalak BPBD Kota Bima, H Syarafudin, sebagai langkah jangka panjang untuk menangani krisis air bersih di Kota Bima. Dan saat ini katanya dalam tahap pengusulan dan perencanaan.

“Kami mendorong dinas terkait seperti PUPR untuk membangun bendungan. Ini sudah kami usulkan ke pusat, tapi belum tahu bagaimana kelanjutannya,” ungkap Syarafuddin.

Satu diantaranya, pembangunan Bendungan dibagian timur Kota Bima. Menurut Syarafudin, Bendungan bisa bermanfaat banyak nantinya. Seperti, untuk menampung air yang kemudian bisa digunakan ketika musim kemarau. Bahkan kata Syarafudin, air yang tertampung oleh bendungan bisa dialirkan ke area pertanian yang ada di Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Berdasarkan pemetaan, saat ini wilayah yang paling terdampak kekeringan dan krisis air bersih yakni wilayah barat Kota Bima. Kondisi ini tidak hanya dikarenakan musim kemarau, tapi juga dikarenakan tidak adanya sumber air yang terletak di bagian barat.

“Sumber air itu ada dibagian Rasanae Timur dan solusi terbaik itu, mengalirkan air tersebut ke bagian barat, ” ujarnya.

Sembari menunggu program jangka panjang, saat ini BPBD telah meminta bantuan tangki dari provinsi sebanyak 108 tangki dan 200 tangki dari pusat.  “Selain itu, juga ada bantuan dari pihak swasta dan perbankan yang turut membantu distribusi air, ” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Diakuinya, secara nasional Bima sudah dipetakan menjadi daerah yang rawan bencana kekeringan. Ini disebabkan, Bima menjadi daerah yang paling panjang mendapatkan musim kemarau. (IKR)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Krisis air bersih masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat Kota Bima. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau. Distribusi air bersih...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Krisis air bersih berkepanjangan dialami masyarakat Kota Bima belum juga dapat dituntaskan. Setiap tahun warga mengeluhkan kebutuhan air bersih. Di Kota...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB, Senin (3/4) meminta Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE hadir untuk menanggapi...