Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BMKG : Info Cuaca Ekstrim itu Hoax!

Bima, Bimakini.- Beredar luasnya kabar di media sosial terkait sejumlah wilayah di Indonesia terlebih Bima dan Dompu, akan dilanda cuaca ekstrim berupa panas berlebihan dibantah pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Melalui Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok, Nanang Buchori, S P mengklarifikasi, bahwa isu cuaca panas ekstrim yang berlangsung terhitung Kamis (24/10) hingga tiga hari kedepan adalah berita bohong atau hoax.

“Berita tersebut adalah hoaks karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” tegas Nanang Buchori melalui siaran nya via aplikasi WhatsApp kemarin.Dijelaskannya, berdasarkan persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan khatulistiwa, yang erat kaitannya dengan gerak semu matahari, seperti yang diketahui  pada bulan September, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga bulan desember mendatang.

“Sehingga pada bulan oktober ini, posisi semu matahari akan berada disekitar Indonesia bagian selatan termasuk NTB. Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima permukaan bumi di wilayah tersebut cenderung lebih banyak sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari,” urainya.

Selain itu atmosfer di Wilayah Indonesia bagian selatan lanjutnya, relatif kering sehingga menghambat pertumbuhan awan yg bisa menghalangi panasnya terik matahari.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Berdasarkan data dari beberapa stasiun BMKG di NTB. Suhu maksimum rata-rata selama 30 tahun di sumbawa 34,6°C, di Bima 34,4°C, sedangkan di lombok tengah suhu maksimum rata-rata 8tahun hanya mencapai 32,5°C,” terangnya.

Sementara untuk suhu maksimum yang lanjutnya, tercatat di wilayah NTB pada bulan Oktober hingga tgl 23 Oktober ini, suhu maksimal di Lombok pada 35°C, Sumbawa 38°C dan willayah Bima 37°C.

BMKG mengimbau, masyarakat yang terdampak suhu udara panas ini untuk minum air putih yg cukup untuk menghindari dehidrasi. Sementara dalam mengenakan pakaian sebaikanya yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan.

Untuk diketahui dalam sejumlah media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter dan sejumlah medsos lainnya, beredar berita dengan isi “Dear all, mulai besok sampai 3 hari ke depan di harapkan kurangi aktivitas di luar rumah karena cuaca panas extreme melanda Indonesia untuk 3 hari ke depan. Banyak minum air mineral dan multivitamin ya Bro.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dalam pesan itu juga tersebar temperatur panas extreme yang terbaca oleh deteksi satelit hari ini, mulai dari Jakarta dengan suhu 38°C, Depok 38°C hingga daerah Papua Nugini nyaris mendekati 50°C. (IKR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Beberapa pekan terakhir bulan Juni lalu suhu udara di wilayah Bima dan Dompu terasa lebih dingin dibandingkan biasanya. Berdasarkan hasil observasi BMKG...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kondisi cuaca wilayah Bima dan dompu akhir-akhir ini menunjukkan kondisi yang signifikan, yaitu terjadinya hujan di sebagian besar wilayah Bima Dompu. Timbul...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- PLN berhasil memulihkan 100 persen daerah terdampak padam akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Bima (09/04). Suplai listrik untuk 38.300 pelanggan yang...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Wilayah Bima merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung...

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...