Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Dispar Kabupaten Bima Gelar Kemah Pariwisata Pelajar

Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima menggelar “Kemah Pariwisata” untuk pelajar SMA/MA se Kabupaten Bima. Namun dari 25 sekolah yang diundang, hanya sebagian ikut serta.

Selain kemah edukasi tentang pariwisata, juga dirangkai lomba menulis cerpen, story talling, lomba cipta kuliner sederhana. Kemah dan lomba berlangsung dua hari di Pesanggerahan Oi Wobo, Kecamatan Wawo.

Camat Wawo, Aidin, mengepresiasi dipilihnya Pesanggerahan Oi Wobo sebagai lokasi kegiatan Kemah Pariwisata. Apalagi lokasi tersebut menjadi peninggalan zaman Belanda.

“Selain pesanggerahan ini, Wawo juga memiliki situas Uma Lengge, warisan leluhur Bima, atau masyarakat Bima sendiri,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, Maria ditetapkan Gubernur NTB sebagai sebagai desa pariwisata. Generasi milenial harus mengenal obyek wisata di daerahnya dan memviralkan melalui media sosial. “Saya memiliki visi, Wawo bangkit untuk Bima ramah dan NTB Gemilang,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Kabupaten Bima, Drs Dahlan H Muhammad, mengatakan, ini merupakan kegiatan tahunan. Proses edukasi wisata harus dilakukan sejak awal, bahkan dari Taman Kanak-kanak (TK).

Misalnya, kata dia, mengenalkan sapta pesona, salah satunya menjaga kebersihan dan keamanan. Karena pariwisata menyangkut banyak sektor.

Dia juga mengajak desa lebih berani menjadi desa wisata. Namun harus mau menjaga lingkungan dengan tidak melakukan penebangan pohon dan menjaga mata air. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Jalan-jalan

Bima, Bimakini.- Agar berwisata anda nyaman, penting untuk memerhatikan sejumlah hal. Diantaranya,  memastikan informasi tentang lokasi wisata yang akan dikunjungi. Itu agar mengetahui apa...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Selama libur lebaran, obyek wisata di Bima ramai dikunjungi oleh warga. Yang dikunjungi umumnya obyek wisata alam, seperti pantai, air terjun. Namun...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Rupanya ada peningkatan  kunjungan di sejumlah obyek wisata di Kota dan Kabupaten Bima selama libur lebaran. Salah satunya disebabkan karena panjangnya libur...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kehadiran Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) diharapkan mampu mendokrak pariwisata Kabuapen Bima. Tidak hanya sebagai penyangga, namun  menjadi tujuan utama,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Senin (9/12), menggelar  Malam Anugerah Lomba Ekonomi Kreatif di Museum ASI Mbojo Bima. Sejumlah penghargaan diberikan...