Peristiwa

Hendak ke Sawah, Warga Kara Digigit Anjing Rabies

Korban saat mendapat perawatan medis.

Bima, Bimakini.- Hendak ke sawah, H. Yusuf warga RT 01 Desa Kara digigit anjing yang diduga terinfeksi rabies, sekitar pukul 07.00 Wita, Kamis (24/10).

H. Yusuf mengatakan, pagi tadi, berjalan kaki menuju sawah untuk membantu panen jagung anaknya. Namun saat sampai  jembatan gantung Desa Leu tiba-tiba anjing datang dari arah kanan dan langsung menyerang.

“Saya tadi mau ke sawah kebetulan panen jagung. Tetiba digigit anjing,” ujarnya.

Anjing yang diduga rabies tersebut kata dia, menggigit tangan kanannya, sehingga ia mengalami luka robek. Tidak berhenti di situ, setelah korban berhasil melepaskan diri dari gigitan pertama. Anjing tersebut kembali menyerang. Namun korban berhasil menyelamatkan diri. “Anjingnya belum dibunuh karena sudah kabur,” ungkapnya.

Petugas Surveilance Puskesmas Bolo, Salmah, S. KM, mengatakan, pasien korban gigit anjing sudah diberi pertolongan dan perawatan secara medis. “Sudah dibersihkan oleh petugas dengan menggunakan air mengalir selama 15 menit,” ujarnya.

Bahkan kata dia, pihaknya juga telah menyuntik vaksin korban sebanyak 2 kali. “Kita sudah berikan vaksinasi. Selanjutnya akan diberikan vaksin pada hari ke 7 dan 21,” tuturnya.

Untuk memastikan apakah anjing teriveksi rabies kata Salmah, pihaknya telah berkoordinasi dengan UPP dan Puskeswan Bolo untuk mengidentifikasi anjing tersebut. “Nanti hasilnya kita tunggu dari UPP dan Puskeswan Bolo kalau soal anjingnya” pungkasnya. (KAR)

Share
  • 145
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top