Olahraga & Kesehatan

Komisi Akreditasi Kemenkes RI Pra Survei Puskesmas Kumbe

Kota Bima, Bimakini.- Tiga orang tim dari komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Rabu (17/10) malam melakukan pertemuan pra survei bersama jajaran Pemkot dan Dikes Kota Bima.

Pertemuan digelar di aula kantor Pemkot Bima itu dihadiri Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, Ketua DPRD sementara, Alvian Indrawirawan, Sekda, Drs H Muhtar Landa, Kepala Dikes, Drs H Azhari, seluruh jajaran Puskemas se Kota Bima.

Kepala Dikes Kota Bima, H Azhari menyampaikan, akreditasi Kumbe ini mulai dilaksanakan  Kamis (17/10).  Rabu malam merupakan pertemuan bersama tim komisi akreditasi.

Dikatakannya, untuk tahun ini disamping Kumbe juga bagi Puskesmas Jatibaru dan Laboratorium Kesda. Yang sudah terakreditasi tahun ini adalah RSUD Kota Bima dengan predikat  bintang dua  dan Mpunda predikat utama.

“Kami sudah persiapkan semua apa menjadi syarat penilaian dan kami juga ucapkan terimakasih dukunga Pemkot Bima dan DPRD selama ini untuk program kesehatan di kota Bima,” tegas Azhari.

Di tahun ini pula Pemkot Bima mengalokasikan anggaran pembangunan beberapa tempat layanan kesehatan. Termasuk ada lima ambulan dalam APBD Perubahan.

Sementara Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH menyampaikan, 2019 menjadi tahun akreditasi bagi Kota Bima. RSUD kota Bima sudah dapat predikat bintang dua dan dilanjutkan lagi Puskesmas Mpunda.

“Kami yakini Puskemas Kumbe akan dapat predikat utama, tim bisa lihat Kota Bima dan masyarakatnya terus berusaha memajukan dunia kesehatan baik sarana dan prasarana,” ujarnya.

Lanjutnya, sesuai Visi dan misi pemerintah sekarang, terus mendorong peningkatan SDM, sarana dan prasarana guna mendukung dan terpenuhinya pelayanan kebutuhan dasar kesehatan. Baik pelayanan, mau tak mau sarana dan prasarana harus terus ditingkatkan.

“Walau ada dinamika bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Sehingga bisa memacu menyelesaikan tugas sebaik-baiknya.  Predikat ini juga terus di pertahankan dan ditingkatkan, dan salah satu keseriusan dan kesungguhan kami warga kota sudah semua BPJS,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI Indira Agustin mengaku, merasa berbahagia dengan penyambutan oleh pemerintah dan jajaran Puskesmas Kumbe.

Kamis, pihaknya akan mulai melakukan penilaian dan memotret kualitas dan kuantitas yang ada di Puskesmas setempat. Apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

“Kita tidak hanya ingin mendapatkan sertifikat akreditasi, karena yang paling penting itu prosesnya. Makanya, dari hasil penilaian ini ada perubahan prilaku dari jajaran lembaga kesehatan tersebut,” ujarnya. (DED)

Share
  • 3
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top