Hukum & Kriminal

Polres Bima dapat Bantuan Rantis dari Mabes Polri

Mobil Rantis bantuan dari Mabes Polri.

Bima, Bimakini.- Personel Polres Kabupaten Bima menggelar latihan penggunaan Kendaraan Taktis Pengendalian Massa (Rantis). Latihan tersebut melibatkan 150 personil, di jalan raya depan Mapolres setempat, pukul 09.00 Wita, Sabtu (19/10). Kendaraan ini adalah pengadaan dari Mabes Polri dalam rangka mendukung operasional tugas kepolisian khusus dalam hal melaksanakan kegiatan pengendalian massa.

“Rantis fasilitas terbaru di Mapolres ini. Untuk itu patut kita syukuri dan mengapresiasi bantuan Mabes Polri karena di Indonesia hanya lima unit pengadaan dan Mapolres Kabupaten Bima termasuk salah satunya,” jelas Kasubag Humas, IPTU. Hanafi, kutip kata Kapolres.

Latihan tersebut dilakukan sebagai wujud nyata kesiapan personel Polres Bima dalam rangka melaksanakan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode  tahun 2019 – 2024. “Beberapa personel telah mendapatkan pelatihan khusus untuk mengoperasionalkan Rantis. Mereka tergabung dalam satu unit khusus,” tuturnya.

Dijelaskannya, kendaraan Rantis ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari barigade pengendalian massa yang terbuat dari besi baja sampai dengan fasilitas GPS dan kamera CCTV. “Kendaraan ini diyakini lebih efektif dan efisien saat digunakan khusus disaat melaksanakan kegiatan pengendalian massa. Yakni untuk melindungi anggota dari lemparan benda benda tertentu dari masa aksi unjuk rasa,” ungkap Hanafi.

Kapolres Bima, AKBP. Bagus S Wibowo, S. Ik, menjelaskan, kata Hanafi, bahwa kendaraan Rantis ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas lapangan terutama dalam menjaga keselamatan anggota dari segala ancaman yang datang,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 723
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top