Olahraga & Kesehatan

Puskesmas Bolo Raih Akreditasi Madya

Kepala PKM Bolo, Nurjanah, SKep

Bima, Bimakini.-  Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Bolo raih akreditasi status Madya. Hasil tersebut berdasarkan surat Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Nomor YM.02.02/VI.14/000172/2019.

“Penilaian akreditasi bulan Agustus lalu dan hasilnya kita terima, Selasa (14/10) lalu,” ujar Kepala Puskesmas Bolo, Nurjanah, S. Kep, Kamis (16/10).

Kata dia, meski hasil yang diraih sedikit mengecewakan karena tak sesuai target sebelumnya. Namun status akreditasi ini mengalami perubahan dari sebelumnya.

“Akreditasi tiga tahun lalu kita raih status dasar. tahun ini status Madya. Sementara target kami yakni status utama,” terangnya.

Diakuinya, dari hasil penilaian tim akreditasi ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi. Di antaranya sarana dan prasarana pendukung pelayanan, ketersediaan SDM terpenuhi. Baik itu tenaga asisten apoteker, rekam medis, tenaga akuntan dan manajemen administrasi. “Kekurangan tersebut akan kita benahi. Sehingga status akreditasi meningkat,” harapnya.

Lebih jelas kata dia, kita tidak pesimis dengan status Madya yang diraih saat ini. Karena yang terpenting bagaimana semangat pelayanan tetap terdepan. Sebab kepuasaan masyarakat adalah tanggung jawab terbesar bukan pada penilaian akreditasi. “Pelayanan tetap yang utama. Karena penilaian masyarakat terletak pada pelayanan,” ungkapnya.

Dia berterima kasih atas dukungan semua pihak. Terutama Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima dan lintas sektor. Sehingga status akreditasi meningkat. “Semoga ke depan kita terus berbenah. Sekaligus status akreditasi meningkat,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 79
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top