Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Suhu di Bima Saat Ini Capai 35 Derajat, BMKG Sebut Normal

Topan Primadi

Bima, Bimakini.- Musim kemarau yang melanda wilayah Bima saat ini, mencapai 35 derjat celcius. Ini merupakan ambang batas cuaca di awal Oktober.

“Alhamdulillah di wilayah Bima dan sekitarnya saat ini masih dalam musim kemarau, untuk suhu sendiri saat ini masih dalam kisaran normal,” jelas Kepala BMKG Topan Satriya, Senin (11/10).

Dia juga mengaku, belakangan ini suhu cukup panas, namun tidak signifikan. Karena kondisi masih terbilang normal.  “Karena ambang batas suhu maksimum di Bima untuk bulan Oktober ini yaitu sekitar 35 derjat celcius,” terangnya.

Lanjut dia, hingga saat ini dari hasil pengamatan belum melampaui ambang batas maksimum. “Ada pengaruh angin timuran (monsun timur) yang masih cukup kuat hingga saat ini,” ungkapnya.

Kata dia, untuk angin timuran ini bertiup dari Australia dan sifatnya cukup kering. Dari kondisi lingkungan yang kering, bisa juga memicu terjadinya kebakaran hutan yang sangat luas.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tentu saja untuk suhu lingkungan akan berdampak juga dan akan terasa bagi penduduk yang berada disekitarnya,” jelasnya.

Kata dia, meskipun ini merupakan faktor yang cukup kecil, tapi nantinya dampaknya akan terasa untuk masyarakat. “Kami menghimbau untuk sobat BMKG khususnya masyarakat Bima selalu menjaga dan melestarikan lingkungan, baik dari sumber resapan air dan juga vegetasi lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (MAN)

 

Catatan: Berita ini sudah mengalamai perubahan, karena ada kekeliruan, sebelumnya terulis 39 derajat celcius, seharusnya 35 derajat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Wilayah Bima merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung...

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST (Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Pada akhir bulan Maret 2021 Stasiun Klimatologi Lombok Barat NTB telah melakukan diseminasi informasi...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...

Opini

Oleh : Anas Baihaqi, S.P. (Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat) Jika diterjemahkan secara bebas, yang dimaksud dengan “new normal” atau kenormalan yang baru,...