Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Tekan Lakalantas Fatalitas, Polres Bima Mulai Operasi Zebra

Kasat Lantas Polres Bima, IPTU. Agus Pujianto, S. Pd,

Bima, Bimakini.- Upaya untuk menekan angka terjadinya Lakalantas Fatalitas atau Lakalantas meninggal dunia, Polres Kabupaten Bima melalui Sat Lantas mulai menggelar Operasi Zebra. Giat tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari yakni sejak Rabu (23/10) hingga Selasa (5/11) mendatang.

Kasat Lantas Polres Bima, IPTU. Agus Pujianto, S. Pd, mengungkapkan, Operasi Zebra dilakukan untuk menekan angka Lakalantas fatalitas atau meninggal dunia. Berdasarkan data sebelumnya, angka Lakalantas Fatalitas di wilayah hukum Kabupaten Bima menurun.

“Data Lakalantas Fatalitas Tahun 2018 dan 2019 menurun. Namun, operasi terus digenjot karena yang diharapkan korban Lakalantas betul betul minim,” tutur Agus di ruangannya, Selasa (22/10).

Dalam giat ini, kita sudah tentukan letak strategis yakni dititik rawan terjadinya Lakalantas. “Operasi ini kita gandeng unsur lainnya. Seperti Dinas Perhubungan, Samsat, anggota Brimob dan POM,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, Operasi Zebra ini dilaksanakan sekali dalam setahun dan berlaku seluruh Nusantara. Selain sasarannya lokasi rawan kecelakaan, titik yang ditentukan yakni daerah rawan kemacetan. Sedangkan tujuan lainnya supaya  terwujudnya situasi Lalu Lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi yang rawan kecelakaan.

“Tidak saja Operasi Zebra, untuk menekan terjadinya Lakantas kita juga gelar operasi Lilin, Simpatik, Ketupat, dan Patuh. “Operasi Lilin dilaksanakan bertepatan dengan Tahun baru. Simpatik dilakukan jelang HUT Bhayangkara atau Polri. Begitu pun Operasi Zebra dan Patuh masing masing mempunyai target tersendiri,” imbuhnya.

Menurut dia, ada beberapa jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam operasi ini. Salah satunya pengendara tidak memiliki SIM, Kendaraan tidak dilengkapi dengan STNK, bagi pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm, pengendara menggunakan Ponsel saat mengemudi dan lainnya. “Jika semua itu dilanggar. Siap siap untuk ditilang,” ungkapnya.

Dia berharap, Operasi Zebra yang diselenggarakan ini para pengendara akan semakin tertib saat menggunakan jalan raya. Sehingga tingkat keselamatan meningkat. “Semoga giat ini mampu menekan angka Lakalantas Fatalitas. Sehingga apa yang diharapkan terwujud nyata,” tutupnya. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kasat Lantas Polres Bima Kota, Novit Haru Prasetyo, S.Tr.K, S.I.K., hari ini mengumumkan hasil akhir Operasi Zebra Rinjani 2023 untuk minggu...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Ratusan pengendara terjating  Ops Zebra Rinjani 2023 yang digelar oleh Satuan Lalulintas Polres Bima Kota Polda NTB mulai  04 September 2023. Selama...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Operasi Zebra Rinjani Tahun 2023 memasuki hari ke-7 pada Minggu (10/09/23) kemarin, yang digelar serentak seluruh Indonesia hingga 17 September mendatang. Kapolres Bima,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota Nusa Tenggara Barat, menilang sedikitnya ratusan kendaraan serta memberikan sejumlah sanksi kepada para pengendara yang melanggar...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.- Hasil Operasi Zebra Gatarin Polres Dompu selama 14 hari, dimulai 23 Okteber – 5 November dominan pelanggaran helm. Kasadaran pengendara untuk mengenakan...