Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bupati Bima Sorot Pemanfaatan Hutan Produktif untuk Lahan Jagung

Hj Indah Dhamayanti Putr, SE

Bima, Bimakini.- Saat ini, banyak masyarakat yang memanfaatkan  hutan produktif untuk menanam  jagung. Namun, hal itu jarang disorot. Justru yang kerap dikritisi adalah  masalah bantuan bibit jagung.

Hal itu disampaikan  Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, saat kegiatan BBGRM di Desa Oo Kecamatan  Langgudu, Senin.

“Seharusnya pemanfaatan hutan produktif untuk tanam jagung harus dikritisi juga, jangan hanya soal bibit jagung yang dikritik pemuda dan masyarakat,” katanya.

Bupati mengaku, sudah banyak lahan dibuka untuk menanam jagung. Namun tidak ada yang menyorot siapa yang berbeuat, padahal akan berakibat fatal bagi kehidupan.

“Sebagain besar wilayah Kabupaten Bima belum mendapatkan hujan, karena pohon penyanggah pada hutan produksi sudah tidak ada. Rusaknya hutan akan dirasakan oleh diri kita sendiri nantinya,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Bupati sangat menyesalkan adanya hutan produktif dibuka hanya untuk tanam jagung. Namun lebih menyakitkan, tindakan melanggar ini tidak pernah mendapat sorotan dari masyarakat sendiri.

“Membuka lahan untuk tanam jagung tidak ada yang melarang, tapi jangan sampai masuk dalam kawasan hutan tutupan Negara, itu yang dilarang dan memgancam keselamatan jiwa kita kedepan, ” katanya.

Bupati berharap ada kesadaean masyarakat terhadap kondisi hujan saat ini. Seharusnya bulan November seperti ini hujan sudah mulai membasahi, namun kenyataan masih panas.

“Bagaimana bisa datang hujan lebih awal, sudah tidak ada hutan yang menjadi stimulus datangnya hujan,” katanya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tindaklanjut dugaan adanya oknum mantan pejabat Bima sengaja menguasai secara pribadi dan Memagar permanen lahan HKM Ncai Kapenta, Kepala BKPH Maria...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dugaan Kepemilihan Lahan hutan negara di dalam kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKM) So Ncai Kapenta dan Banta Wawi oleh oknum mantan Pejabat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hutan yang ada di wilayah Kecamatan Bolo, Kebupaten Bima, kini tinggal enam persen.  Kondisi ini sangat memerihatinkan. Bahkan ancaman kekeringan, banjir kini...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Maraknya peladangan liar yang dilakukan sebagian masyarakat mendapat sorotan. Apalagi, warga menilai kondisi perusakan hutan sudah sangat memerihatinkan. Warga meminta agar pemerintah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Muspika Bolo menghentikan kegiatan  pembalakan liar, perusakan hutan, dan penguasan lahan tanpa ijin, Kamis (18/10). Tindakan tersebut sebagai tindaklanjut dair Surat Edaran...