Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

DKP Kabupaten Bima Targetkan Ekspor Ikan Tuna, Mutiara dan Udang

Kepala DKP Kabupaten Bima, Ir Hj Nurma

Bima, Bimakini.- Setelah rumput laut berhasil di ekspor ke Negara Cina Dinas Keluatan dan Perikanan Kabupaten Bima,   akan menargetkan ekspor ikan Tuna, Mutiara dan Udang. Ekspor pertama rumput  laut berkat kerjasama BKIPM Bima dan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

“Alhamdulillah tahun ini Kabupaten Bima bisa ekspor komoditas rumput laut dalam kapasitas banyak, kedepan kami juga menargetkan Ikan Tuna, Mutiara dan Udang untuk diekspor lanjutan,” jelas Ir. Hj. Nurma, M. Si, di Woha, Jumat (22/11).

Kata Nurma, selama ini komoditi rumput laut hanya dikirim atas nama pulau Jawa. Namun eksport  pertama dari Kabupaten Bima ini langsung sasaran ke China. Eksport ini dapat dilakukan atas kerjasama dan upaya keras dari BKIPM Bima dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima.

“Semoga berikutnya akan menyusul exspor lainnya berupa ikan Tuna. mutiara dan udang yang juga menjadi target  kami bersama kepala BKIPM Bima untuk terus berjuang ditingkat Kementrian,” harapnya.

Nurma juga menjelaskan, Pemerintah Daerah sangat berkomitmen dalam mengembangkan bidang perikanan dan keluatan. Hal itu disampaikan langsung Bupati Bima saat telewicaranews dengan Menteri Kalautan dan Perikanan RI.

“Bupati berharap kepada Menetri agar dapat membantu program-program yang di Kabupaten Bima, terutama keterkaitan denga garam yang begitu besar produksinya tetapi masih murah harganya,” jelasnya.

Kata Nurma, sebagai bentuk keseriusan Bupati Bima meningkatkan harga garam, beberapa kali sudah dilakukan komunikasi dan koordinasi baik ditingkat provinsi maupun pusat. Namun hal itu belum bisa maksimal, karena koordinasi yang dibangun saat kabinet lama.

“Saya bersama Bupati Bima tetap akan koordinasi lanjutan ke Pusat soal harga garam yang tidak maksimal ditingkat petani,” ujarnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Gerakan Pangan Murah yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan Bulog Cabang Bima mendapat apresiasi dari warga....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Warga Desa Kore, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Rabu 21 Februari 2024 berebutan membeli beras saat kegiatan Gerakan Pasar Murah oleh Dinas Ketahanan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Jumlah cadangan Pangan Kabupaten Bima untuk tahun 2024, sebanyak 7 ton. Bertambah setengah ton dari tahun sebelumnya. Padahal, pada 2023 lalu, beras...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Program perioritas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima, pengembangan komoditi rumput laut di Wilayah Kecamatan Langgudu, Monta, Sape dan Palibelo. Sekretaris...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima gelar Sosialisasi Daerah (Sosda) Program Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR), Kamis (14/5). Kegiatan di aula...