Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Grab Beroperasi di Bima, Dishub dan Kominfo  tidak Tahu

Drs Ahmadin, MAP

Kota Bima, Bimakini.- Spanduk pendaftaran driver transportasi berbasis online mulai terpampang disejumlah titik di Kota Bima. Namun anehnya Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak tahu menahu.

Pantauan BimaEkspres, Sabtu (16/11) salah spanduk satunya terpampang di perempatan lampu merah timur kantor Pemkot Bima. Tulisannya menerima pendaftaran driver GRAB.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima, Ir H Julkifli dikonfirmasi mengaku belum tahu kalau ada spanduk penerimaan driver transportasi berbasis online di Kota Bima.”Saya saja baru tahu, segera akan dicek oleh petugas,” ungkapnya.

Walaupun demikian Julkifli mengaku pernah didatangi pihak mengaku dari manajemen salah satu transportasi berbasis online. Hanya saja saat itu baru konsultasi, belum ada rencana akan menjalankannya di Kota Bima.

Julkifli menyarankan untuk menanyakan ke Dinas Kominfo, karena berkaitan dengan transportasi berbasis online. “Kalau bisa ke Kominfo dulu, kalau Dishub belum tahu,” terang Julkifli.

Kaitan dengan Dishub, kata dia, setelah ada rekomendasi dari Kominfo.  Sebelum rekomendasi diterbitkan akan ada telaah dan pertimbangan. “Kami akan koordinasikan dulu dengan pihak Kominfo agar lebih jelas,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kominfo, Ahmadin SSos mengaku belum tahu adanya pihak manajemen   transportasi berbasis online membuka pendaftaran penerima driver.

Mengenai ijin pun pihaknya tidak tahu.   Untuk itu akan melakukan telaah dulu seperti apa regulasinya, apakah melalui Kominfo atau perhubungan. Namun karena ini berkaitan dengan transportasi berbasis online akan melakukan konsultasi ke pihak-pihak berkompeten.

“Karena persoalan untuk transportasi berbasis online ini kan baru di Bima, bagaiamana regulasinya perlu dilakukan telaah. Terlebih kalau untuk regulasi ditingkat daerah sampai saat ini pun belum ada, baik Perwali maupun Perdanya,” ujarnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Informasi dan Teknologi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima telah menetapkan lokasi Car Free Day (CFD) setiap pekannya di jalur depan  Kantor Wali Kota Bima, hingga ...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Hari kedua, Selasa (22/6) pagi Dinas Perhubungan bersama Organda dan Jasa Raharja kembali melakukan penertiban terhadap angkutan Kota (Angkot) yang memarkirkan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Organda, Sat Lantas Polres Bima-Kota dan Jasa Raharja, Senin (21/6) pagi melakukan penertiban terhadap angkutan...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini. – Tim terpadu, Senin (21/6) pagi menertibkan angkutan umum antar kota yang kerap mangkal liar disejumlah titik di Kota Bima. Saat...