Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Humas dan Protokol Pemprov NTB Konsisten Tingkatkan Kapasitas Staf

Mataram, Bimakini.- Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB kembali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas ASN dan Non ASN bidang kehumasan, di Hotel Grand Madani Mataram, Rabu (13/11/2019).

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy, S.Sos, MM, mengatakan pihaknya ingin tetap konsisten dalam peningkatan kemampuan dan wawasan staf melalui diklat, bimtek, pelatihan dan kegiatan lainnya.

Bimtek yang mengambil tema, “Memahami Public Speaking dan Mengelola Media yang Efektif Bagi Humas Pemerintah” tersebut, berlangsung dari pukul 13.00 hingga 17.00 Wita.

Bimtek berlangsung sangat seru. Materi yang diberikannya pun sangat beragam. Para peserta terlihat sangat antusias dan aktif mengikuti bimtek tersebut. Sesi diskusi dan tanya jawab melengkapi jalannya bimtek sehingga muncul ide-ide kreatif dari para peserta.

“Tidak mungkin ada humas yang hebat, humas yang luar biasa, protokol yang bisa mengatur pimpinan dengan sebaik-baiknya tanpa ada upgrading capacity yang dilakukan secara terus menerus. Sehingga pilihannya adalah kami tetap konsisten melakukan kegiatan seperti ini,” tutup Bang Najam, sapaan akrabnya.

Narasumber tunggal Bimtek kali ini, Dr. Hernani Sirikat, MA. Narasumber ini terbilang spesial. Disamping sebagai Dosen Hukum dan Etika Media, Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya, ia juga merupakan Pengurus PWI Pusat dan Pendiri MediaWatch era reformasi.

Najamuddin mengatakan, Bimtek tersebut penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kehumasan, baik menyangkut penulisan maupun analisis media. Apalagi, kemajuan teknologi digital saat ini memungkinkan tersebarnya berita-berita hoaks, yang kalau tidak carikan solusinya, dapat menutup kebenaran yang ada.

“Berita hoaks yang tersebar secara terus menerus dan teroganisir, lambat laun bisa dianggap benar oleh orang,” jelasnya.

Bang Najam mengungkapkan sengaja menghadirkan narasumber yang syarat pengalaman jurnalistik itu, agar seluruh jajaran Humas mampu menyerap lebih banyak ilmu Kehumasan.

Ilmu dan kemampuan yang diperoleh dalam Bimtek ini lanjut Bang Najam, tidak hanya dapat dimanfaatkan di Humas. Namun, ketika berkarir di luar Humas, jajarannya itu lebih siap karena memiliki kapasitas yang mumpuni.

Sementara itu, Hernani Sirikit atau yang akrab disapa Sirkit Syah itu menjelaskan, perkembangan dunia jurnalistik itu selalu mengikuti perkembangan zaman.

“Media cetak bisa mati, tapi jurnalisme tidak akan mati. Jurnalisme akan menemukan bentuknya sendiri, beradaptasi dengan kemajuan teknologi,” ungkap wanita yang pernah menjadi reporter dan koordinator liputan di sejumlah media televisi swasta di Indonesia itu.

Ia juga mengungkapkan, Humas dan media massa memiliki hubungan yang saling membutuhkan. Hubungan itu katanya dapat berupa pemberitaan.

Supaya rilis berita dapat dimuat atau ditayangkan oleh media massa, Chief Editor For Surabaya Post Daily, 2006, itu menyempaikan sejumlah tips. Pertama katanya, event harus penting atau menarik, termasuk juga statement dalam wawancara. Kedua lanjutnya, peristiwa atau informasi dan wawancara itu merupakan sesuatu yang baru dan berdampak bagi masyarakat luas.

“Selain itu, yang kita tulis juga itu skalanya besar atau luas. Jangan lupa juga, memiliki kedekatan atau proximity dengan khalayak media,” katanya.

Materi menarik lainnya yang ia sampaikan di hadapan sekitar 20 orang pejabat dan staf Humas itu adalah, public speaking. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Inspektorat Provinsi NTB menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Administrasi Pemerintah (SAKIP) Biro Humas dan Protokol dengan nilai...

NTB

Mataram, Bimakini.- Rapat Koordinasi Kehumasan yang tergabung dalam wadah Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) diselenggarakan Humas Provinsi NTB, Rabu (3/6/2020), dengan menghadirkan Kepala Bagian Humas,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) menginisiasi diskusi terbuka untuk umum yang bisa disaksikan secara daring, Senin (18/5/2020). Dialog daring...

NTB

Dompu, Bimakini.- Untuk mengenalkan  Destinasi Wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Karo Humas Pemprov NTB tahun ini akan  mengajak wartawan untuk...

NTB

  Mataram, Bimakini.- Komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan dalam menyampaikan visi, misi dan kultur sebuah lembaga. Sedangkan seorang humas atau public...