Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Ini Kerawanan Pilkada Kabupaten Bima 2020

Sosialisasi Tatao Muka Kepada Kelompok rentan di Kabupaten Bima, Senin (11/11).

Bima, Bimakini.-  Kerawanan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 harus dicermati. Kerawanan itu ada pada sejumlah tahapan.

Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu NTB,  Suhardin, SP, MH saat Sosialisasi Tatao Muka Kepada Kelompok rentan di Kabupaten Bima, Senin (11/11).  Kegiatan yang berlangsung di aula rapat Kantor Bupati Bima diikuti sejumlah elemen.

Potensi kerawanan itu, kata Suhardin, mulai dari penmyediaan anggaran oleh pemerintah daerah. Selain itu, pembentukan panitia adhoc. Karena kerap kali, calon  memasukkan timnya dalam penitia adhoc, agar dalam pelaksanaan Pilkada, mengamankan kepentingannya.

Selain itu, kata dia, untuk mendapatkan Panitia Adhoc yang berintegritas, terkendala informasi. Apalagi di Bima ada beberapa daerah yang akses informasinya terbatas. “Karena terbatasnya, sehingga memungkinkan tidak mendapatkan  panitia adhoc yang berintegritas,” ujarnya.

Potensi kerawanan lainnya, kata dia, saat proses pemutakhiran data pemilih. Umumnya masyarakat menaruh perhatian saat hari H dan ketika namanya tidak tercntum. Padahal seharusnya saat proses pemutakhiran, masyarakat ikut mengawasi mengecek.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Potensi kerawanan lainnya saat Pilkada serentak nanti, sebutnya, syarat dukungan calon perseorangan. Masa pandaftaran, serta masa kampanye.

“Begitupun masa tenang, muncul politik yang, kampanye hitam, intimidasi, serta kampanye di luar jadwal,” bebernya.

Awan dari JPPR, menilai saat ini ada yang hilang dari masyarakat. Yakni berkurangnya sikap kesukarelawanan, termasuk menjadi partisipan dalam pengawasan Pilkada.

Sementara itu, Dr Bahtiar, Tim Asistensi Bawaslu RI, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu atau Pilkada. Secara  hirarkis pengawasan dan penindakan dilakukan oleh Bawaslu, namun secara hakikan pengawasan dilakukan oleh rakyat sebagai pelaku. (IAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, akan menyeleksi ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Bupati dan...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima saat ibu tengah memeroses laporan dugaan penggelembungan suara di Kecamatan Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Atas laporan...

Pemilu Serentak 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima sudah mereskomendasikan untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado. Namun belum menerima keputusan dari KPU Kabupaten...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...