Politik

Jelang Pilkades, Perangkat Desa Harus Jaga Netralitas

Tajudin, SH, MSi

Bima, Bimakini.- Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang, seluruh perangkat desa dihimbau agar tetap menjaga netralitas. Hal itu dilakukan demi terwujudnya suksesi Pilkades yang akuntabel sesuai harapan bersama.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajudin, SH, MSi, mengatakan, sebagai warga negara semua perangkat desa memiliki hak suara dalam pesta demokrasi termasuk pemilihan kepala desa. Namun perangkat desa diralang untuk berpolitik praktis. “Perangkat desa harus menjaga netralitas selama Pilkades nanti,” ujarnya, Kamis (31/10).

Kata dia, tidak hanya dalam pesta demokrasi pemilihan kepala desa, perangkat desa juga harus bersikap netral juga dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada tahun 2020 nanti. “Kita juga akan menghadapi Pilkada. Perangkat desa harus netral juga,” katanya.

Ia menjelaskan, sebagai perangkat desa yang paham fungsi dan tugas serta undang-undang yang mengatur dan mengikatnya, perangkat desa sebenarnya sudah memahami hal itu. Namun dikhawatirkan masih ada yang nakal untuk terlibat politik praktis. Karena itu, perlu diberikan himbauan. “Harusnya memang mereka sudah memahami tentang larangan itu,” ungkapnya.

Dia berharap, semoga semua tahapan Pilkades berjalan dengan lancar, serta berjalan dengan aman dan damai. “Saya mengimbau juga kepada masyarakat agar menjaga Kantibmas menjelang Pilkades ini sehingga apa yang diharapkan terwujud nyata,” ujarnya. (KAR)

Share
  • 133
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top