Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Nilai-Nilai Demokrasi Penting Diajarkan Sejak Dini

Foto bersama Anggota KPU Provinsi NTB, Zuhriati dan Anggota KPU Kota Bima, Yety Safriati bersama siswa/siswa di MAN 2 Kota Bima, Kamis (7/11).

Kota Bima, Bimakini.-  Tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 telah selesai. Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima tetap konsisten untuk terus memberikan pendidikan bagi pemilih tentang Demokrasi dan Pemilu. Karena Pendidikan pemilih merupakan investasi jangka panjang yang diharapkan dapat memperbaiki kualitas perilaku memilih masyarakat pada Pemilu-Pemilu yang akan datang.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Bima, Yety Safriati menjelaskan, sasaran pendidikan pemilih saat ini adalah masyarakat pra pemilih. Yaitu masyarakat yang usianya dibawah 17 tahun dan belum ditetapkan sebagai pemilih.
“Para pemilih pemula ini lah, yang akan turut mempengaruhi perilaku pemilih pada Pemilu yang akan datang,” jelas Yety, usai melakukan kegiatan sosialisasi RPP Lawata di MAN 2 Kota Bima.

Menurut Yety, pemilih pemula perlu dibekali dengan Pendidikan berdemokrasi yang benar, serta semangat menjalankan nilai-nilai demokrasi di kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang terkandung dalam system demokrasi diakui Yety, tidak hanya berlaku pada saat Pemilu, namun dalam keseharian juga mesti dijalankan. Terutama di lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Nilai-nilai demokrasi yang harus ditanamkan dan menjadi perilaku masyarakat adalah menghargai perbedaan, toleransi, bertanggung jawab atas sikap dan ucapan, serta mengedepankan musyawarah mufakat,” jelasnya.

Lanjut Yety, apabila masyarakat sudah terbiasa menjalankan nilai-nilai demokrasi dalam perilaku keseharian, maka bisa dipastikan, pelaksanaan Pemilu yang akan datang pasti akan aman. Tidak perlu hawatir akan adanya gerakan intoleransi dan perpecahan, hanya karena beda pandangan dan beda pilihan politik.  “Ini lah tujuan utama kita melaksanakan kegiatan sosialisasi seperti saat ini,” tuturnya.

Mantan Wartawati ini menuturkan, untuk kegiatan sosialisasi RPP Lawata dilaksanakan dibeberapa sekolah SMA/SMK/MA yang ada di Kota Bima. Dari tiga hari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ada 12 sekolah yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi. Yaitu, SMAN 1 Kota Bima, SMAN 2 Kota Bima, SMAN 3 Kota Bima, SMAN 4 Kota Bima, SMAN 5 Kota Bima, SMKN 1 Kota Bima, SMKN 2 Kota Bima, SMKN 3 Kota Bima, SMKN 4 Kota Bima, MAN 1 Kota Bima, MAN 2 Kota Bima dan SMA Muhamadyah Kota Bima.

Narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, didampingi oleh Kasubag dan staf secretariat KPU Kota Bima. Sementara peserta sosialisasi adalah siswa/siswi pelajar di sekolah tersebut.
“Alhamdulillah peserta sosialisasi terlihat begitu antusias menerima materi sosialisasi yang kami sampaikan,” pungkasnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan melaksanakan Pleno Rekepitulasi Hasil Pemungutan Suara Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, Kamis 29...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi pemilihan umum (KPu) Kota Bima mendistribusikan logistik pemilu 2024 mulai Selasa 13 Februari 2024. Untuk distribusi logistik KPU Kota Bima...