Pendidikan

RPP Lawata Dikunjungi Siswa SMAN 1 Kota Bima

Siswa/Siswi SMAN 1 Kota Bima saat berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, Senin (11/11).

Kota Bima, Bimakini.- Siswa/Siswi SMAN 1 Kota Bima, Senin (11/11) berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima. Kunjungan siswa/siswi tersebut berlangsung seru. Karena diakhir kunjungan, pelajar kelas 12 tersebut diberikan kesempatan untuk mengikuti kuis yang sudah disiapkan.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati menjelaskan, kunjungan pelajar tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan RPP In. Di RPP Lawata, pelajar bisa melihat langsung hasil Pemilu dan Pemilihan dari tahun ke tahun. Serta informasi lainnya yang berhubungan dengan Pemilu dan Demokrasi.

“Kunjungan siswa hari ini merupakan kegiatan kunjungan balasan, setelah pekan lalu kami turun ke sekolah menyampaikan sosialisasi tentang RPP Lawata KPU Kota Bima,” jelas Yety.

Lanjutnya, kunjungan pelajar tersebut dimulai dari pukul 09.30 wita sampai pukul 11.00 wita. Sebelum memasuki ruang tunggu dan ruang display (pameran), pengunjung diberikan kesempatan untuk mengisi buku tamu. Kemudian diajak untuk masuk ke ruang tunggu, ruang display dan ke ruang audio visual.

Di ruang audio visual, pengunjung menyaksikan film tentang sejarah Pemilu. Kemudian secara berkelompok, siswa/siswi tersebut diberikan kesempatan untuk menyelesaikan kuis yang sudah disiapkan. Yang pertama, peserta diminta untuk menyusun kata yang berhubungan dengan Pemilu dan Demokrasi. Peserta yang paling banyak menyusun kata, keluar sebagai pemenang. Kuis kedua, pengunjung diminta untuk menyusun urutan penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat pusat sampai tingkat TPS.

“Alhamdulillah, pemahaman mereka seputar Pemilu dan Demokrasi cukup bagus. Kuis yang diberikan pun, mampu diselesaikan dengan tepat waktu,” ujarnya.

Kunjungan pelajar tersebut diakhiri dengan berkunjung ke Perpustakaan Mini dan Ruang Simulai TPS. Di ruang Simulasi TPS, siswa/siswi diperkenalkan dengan denah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga petugas-petugas yang bertugas di TPS saat proses Pemungutan dan Penghitungan Suara.

“Kunjungan pelajar tadi cukup seru. Tadi kami berpesan dan mengingatkan mereka, bahwa pintu RPP Lawata selalu terbuka bagi siapapun yang ingin mendapatkan ilmu tentang Pemilu dan Demokrasi,” pungkasnya. (IAN)

Share
  • 25
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top