Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Tim Akreditasi Kemeskes RI Survei Labkesda Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.- Tim akreditasi dari Kemeskes RI, Selasa (5/11) mengunjungi Laboratorium Daerah (Labkesda) dan Pemeliharaan Kesehatan Kota Bima. Kunjungan itu dalam rangka melakukan surveyor penetapan status akreditasi.

Rombongan tim tim dipimpin Dr Slamet Djaya diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan SH dan Sekretaris Dinas Kesehatan, Ahmad S.sos, jajaran Labkesda serta sejumlah kepala OPD, Lurah dan camat.

Kepala Dikes diwakili Sekretaris, Ahmad Ssos menyampaikan,  Lapkesda kota Bima dibangun pada 2014. Sementara mulai Oprasional di tahun 2015.

Labkesda difungsikan Sebagai tempat penguji air minum, limbah hingga kelinik biologi.  Namun saat ini telah dirubah nomeklaturnya pasca banjir bandang melanda kota Bima, dari Labkesda ditambah Labkesda dan Pemeliharaan Alat Kesehatan.

Ini karena saat banjir semua alat dan fasilitas kesehatan seluruh Kota Bima  terdampak. Karena Begitu sulit melakukan pelayanan karena keterbatasan alat, sehingga ubah nama lampkesda dan Pemeliharaan alat kesehatan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Disampaikan Ahmad, untuk pelaksanaan akreditas layanan kesehatan di Kota Bima sudah dilakukan lima kali. Ini sesuai dengan pencanangkan dilakukan Kepala Dikes tahun 2019 menjadi tahun akreditasi. Sejumlah tempat layanan kesehatan sudah terakreditasi, RSUD Kota Bima, PKM Paruga, Rasanae Timur, Jatibaru dan terakhir kemarin PKM Kumbe.

Sementara Ketua Tim Akreditasi Kemeskes RI, Dr Slamet Djaya d mengaku baru pertama kali turun melakukan survei akreditasi disambut begitu meriah oleh jajaran pemerintah daerah.

Bahkan sampai Wakil Walikota Bima pun hadir, kepala OPD dan lainnya. Sambutan begitu luar biasa dan ucapkan terimakasih pada jajaran dikes dan Pemkot Bima. Dan jajaran kesehatan di Kota Bima harusnya bersyukur mendapatkan dukungan luar biasa dari kepala daerahnya.

Lanjut Slamet, mewakili Kemenkes, akreditas kesehatan disini bertujuan lakukan survey. Survei akreditasi untuk mengevaluasi dan melihat kegiatan dilakukan tempat pelayanan kesehatan.  Tujuan akhirnya lagi memberikan masukan agar dapat menjalankan laboratorium yang baik dan menilai mutu tidak saja hari ini tetapi secara terus menerus.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Nantinya untuk diketahui survei itu bukan kami lagi yang melakukan, tetapi masyarakat. Kedatangan kami hari ini hanya memotret kegiatannya dan  tolong semangatnya jangan hari ini saat ada tim kemudian kendor,” pesan Slamet.

Usai penyambutan kemudian dilakukan survei oleh tim terhadap berbagai aktifitas dan kegiatan dilakukan Labkesda dan pemeliaraan alat kesehatan Kota Bima. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Tim inovasi Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima kembali menoreshkan prestasi tingkat Nasional. Dengan hasil ciptaan berupa alat kaporisasi, terpilih menjadi duta...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat 26 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak awal tahun 2024....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Tim gugus tugas penanganan Covid-19 kota Bima diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) H Azhari menyerahkan MoU kepada Kepala Kejaksaan Negeri Raba-Bima,...

Pemerintahan

Kota Bim, Bimakini.- Pemkot Bima mengalokasikan angaran cukup besar untuk penanganan Covid19, sejak tahun 2020 dan 2021. Tahun 2020  sekitar Rp 28 miliar dan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari hari ini menerima SK hibah seluruh aset milik Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. Salah...