Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub NTB Minta Edukasi Cegah Kelahiran Prematur Digencarkan

 

Mataram, Bimakini.- Kematian bayi di NTB masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah provinsi. Kematian bayi ini memiliki kaitan dengan kesehatan ibu selama proses kehamilan. Kalau tidak ditangani dengan baik, maka akan menyebabkan kelahiran prematur.

Untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur, diperlukan sosialisasi dan edukasi yang masif dan luas kepada masyarakat. “Kita merasa perlu edukasi tentang penanganan bayi prematur seluas-luasnya disebarkan kepada masyarakat, tidak hanya kepada ibu bayi prematur tetapi juga bagi calon-calon ibu,” tegas Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, saat membuka Seminar Awam tentang Bayi Prematur, di RSUD Provinsi NTB, Sabtu (16/11/2019).

Wagub mengungkapkan bayi prematur berdasarkan pengalaman yang ada bisa tumbuh sehat dan cerdas asal penanganannya pakai ilmu dan pengetahuan. Maka hal yang perlu diperkuat untuk penanganan masalah ini adalah revitalisasi Posyandu.

“Dengan program yang ada, revitalisasi Posyandu diharapkan bisa menekan angka kematian bayi dengan menyelesaikan masalah kesehatan dan sosial dan dapat dilaksanakan secara menyeluruh sampai ke dusun dan pelosok wilayah,” tegas Wagub pada kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional dan Hari Prematur Dunia tersebut.

Wagub berharap kegiatan seminar itu dapat dimanfaatkan sebagai forum untuk menambah ilmu dan pengetahuan cara penanganan bayi preamatur.

Berdasarkan data yang dirilis Humas RSUD provinsi NTB, setiap tahun di seluruh dunia, sekitar 15 juta bayi terlahir prematur. Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-5 kelahiran prematur tertinggi di dunia. WHO mencatat ada 675.700 kelahiran prematur di Indonesia.

Berdasarkan data WHO, terjadi peningkatan angka kelahiran prematur selama 20 tahun terakhir. Bayi prematur memiliki banyak tantangan kesehatan setelah lahir, seperti gangguan pernafasan, peningkatan risiko infeksi, dan peningkatan resiko penyakit tidak menular atau non communicable diseases (NDS), seperti hipertensi dan diabetes di kemudian hari atau masalah kesehatan yang lain.

Salah satu cara mengurangi hal tersebut, adalah dengan mengetahui faktor risiko ibu melahirkan anak prematur.

Anak yang terlahir prematur berisiko memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian khusus, karena dapat berdampak pada tumbuh kembangnya, baik dalam jangka pendek ataupun panjang. Bayi prematur memiliki resiko stunting sehingga jika salah dalam pengolahan dan pengembangannya, maka pertumbuhannya tidak akan secepat anak normal.

Bayi prematur ini harus terus menerus dipantau, karena ada masanya dia harus mengejar sehingga dapat tumbuh menjadi generasi berkualitas yang sama dengan anak normal pada umumnya. Tidak hanya sehat tetapi juga pintar dan cerdas.

Perlu juga diingat bahwa masa depan anak tidak hanya ditentukan setelah ia lahir. Masa depan seorang anak dipengaruhi oleh status kesehatan pada 1000 hari pertama, dimulai sejak masih di dalam kandungan ibu (270 hari). Oleh karena itu, ketika anak lahir prematur, salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah penanganan nutrisi untuk mengejar ketinggalan tumbuh kembang selama periode emas 1000 HPK tersebut.

Beberapa kebijakan dan program pemerintah yang terkait penanganan masalah gizi pada balita dan intervensi stunting, antara lain Permenkes 23/2014 tentang upaya perbaikan gizi, kerangka kebijakan gerakan nasional percepatan gizi dalam rangka seribu hari pertama kehidupan (gerakan 1000 hari pertama kehidupan), Perpres 42/2013 tentang gerakan nasional percepatan perbaikan gizi dan juga progam “Intervensi Gizi Spesifik” di Kementerian Kesehatan melalui Puskesmas dan Posyandu. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait