Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bawaslu Kabupaten Bima Lantik 54 Anggota Panwascam

Pelantikan Panwascam se Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, melantik 54 anggota Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 18 Kecamatan. Pelantikan serta pengambilan sumpah berlangsung di aula rapat Kantor Bupati Bima di Dusun Godo Desa Dadibou Kecamatan Woha, Senin (23/12).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, perwakilan dari Kodim 1608/Bima TNI, Polres Bima, Polres Bima Kota, serta empa komisioner Bawaslu dan 54 anggota Panwascam di 18 Kecamatan.

Ketua Bwaslu Kabupaten Bima Abdullah, SH, mengatakan, sebanyak 54 anggota Panwascam di 18 Kecamatan Kabupaten Bima sudah mengikuti proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. “Setelah melewati rangkaian seleksi mulai ujian tertulis hingga wawancara, sehingga kami tentukan pilihan sejumlah 54 orang di 18 Kecamatan yang memiliki kompetensi dan kemampuan,” katanya.

Kata dia, pilihan ini merupakan pilihan yang tepat, merekrut dan memutuskan dari sekian banyak orang yang mengikuti, bukan hal yang mudah. Namun pihaknya percaya orang yang dipilihan memiliki integritas dijamin.

“Panwascam Pilkada 2020 ini,  harus mampu mempertahankan dan tingkatkan prestasi pemilihan yang pernah diraih 2019, bagi yang baru bergabung, silakan menyesuainkan diri belajar dan konsultasi dengan senior,” katanya.

Kata dia, ada tiga hal pokok bagi anggota Panwascam dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya. Yaitu melakukan Pengawasan, pencegahan, dan penindakan, perlu dicermati dan dilaksanakan sebaik baiknya.

“Tahapan Pilkada sudah dilewati dengan KPU melaunching, banyak tugas yang menunggu kita, penting diawasi seorang pengawas setiap dilaksanakan KPU,” jelasnya.

Dia menegaskan kepada Panwascam, agar melaksanakan tugas dengan cermat, jaga komitmen dan integritas. “Pengawas juga tetap diawasi oleh ribuan mata di lapangan, kita harus bekerja sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, tahapan pencalonan perseorangan pada Pilkada 2020 sudah mulai, waktu petugas pengawas tidak banyak. Pihaknya menyarankan harus menyiapkan diri agar mampu melewati proses yang dilakukan sesuai perintah UU.

“Tahapan pencalonan ini adalah tahapan sangat rumit,  karena ferifikasi pencalonan dilakukan secara sensus, semua orang memberikan dukungan harus diawasi dengan baik,” ujarnya.

Dia berharap, 54 anggota Panwascam mampu bekerja dengan baik menjaga nama lembaga dan menjaga integritas. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima saat ibu tengah memeroses laporan dugaan penggelembungan suara di Kecamatan Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Atas laporan...

Pemilu Serentak 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima sudah mereskomendasikan untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado. Namun belum menerima keputusan dari KPU Kabupaten...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bima, Mulyadin, M. Pd,  menemukan ada beberapa TPS yang...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.-  Masa tenang pemilu 2024 telah dimulai hari ini, Minggu (11/2)  hingga 13 Februari 2024. Tiga hari sebelum pemungutan dan penghitungan suara ini...