Peristiwa

BMKG Bima Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Bima-Dompu

Topan Primadi

Bima, Bimakini.- BMKG Bima mengeluarkan peringatan dini cuaca Bima-Dompu dari 24 hingga 26 Desember 2019. Secara umum kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu berpotensi terjadi hujan dalam intensitas sedang hingga lebat.  Dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari.

Kepala BMKG Topan Satriya, mengatakan berdasarkan analisis terhadap kondisi dinamika atmosfer menunjukkan suhu permukaan laut di sekitar perairan Pulau Sumbawa berada dalam kondisi hangat. Yaitu berkisar antara 30℃ – 32℃ yang meningkatkan proses penguapan di wilayah perairan Bima dan Dompu.

“Terdapat daerah belokan angin (shearline) di wilayah Pulau Sumbawa yang menyebabkan perlambatan kecepatan angin dan peningkatan massa udara di wilayah Bima dan Dompu,” ujarnya, Rabu (25/12).

Kata dia, kelembapan atmosfer di sekitar wilayah Bima dan Dompu dalam kondisi cukup basah berkisar antara 50-90 persen pada lapisan permukaan hingga 500 hpa.

“Kondisi tersebut didukung pula oleh faktor lokal dengan nilai indeks labilitas sedang hingga kuat yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Bima dan Dompu,” terangnya.

Dari kondisi tersebut, secara umum kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu dari tanggal 24 hingga 26 Desember besok, berpotensi terjadi hujan dalam intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari.

“Itu dapat terjadi di wilayah Dompu, Woja, Manggalewa, Pajo, Hu’u, Parado, Kilo, Kempo, Pekat, Tambora, Sanggar, Donggo, Bolo, Palibelo, Madapangga, Woha, Soromandi, Lambitu, Langgudu, Wawo, dan Kota Bima,” sebutnya.

Informasi prakiraan tinggi gelombang signifikan di wilayah Bima dan Dompu dengan tinggi gelombang dapat mencapai hingga 2,5 meter di perairan Selatan Bima dan Dompu serta perairan samudera Hindia selatan NTB.

Topan mengimbau masyarakat agar wasapada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti terjadinya genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, jalanan licin, gelombang tinggi untuk penyebrangan, serta agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya Informasi Peringatan Dini Cuaca.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG wilayah Bima dapat membuka layanan informasi cuaca 24 jam,” tutupnya. MAN

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top