Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BMKG Bima Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Bima-Dompu

Topan Primadi

Bima, Bimakini.- BMKG Bima mengeluarkan peringatan dini cuaca Bima-Dompu dari 24 hingga 26 Desember 2019. Secara umum kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu berpotensi terjadi hujan dalam intensitas sedang hingga lebat.  Dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari.

Kepala BMKG Topan Satriya, mengatakan berdasarkan analisis terhadap kondisi dinamika atmosfer menunjukkan suhu permukaan laut di sekitar perairan Pulau Sumbawa berada dalam kondisi hangat. Yaitu berkisar antara 30℃ – 32℃ yang meningkatkan proses penguapan di wilayah perairan Bima dan Dompu.

“Terdapat daerah belokan angin (shearline) di wilayah Pulau Sumbawa yang menyebabkan perlambatan kecepatan angin dan peningkatan massa udara di wilayah Bima dan Dompu,” ujarnya, Rabu (25/12).

Kata dia, kelembapan atmosfer di sekitar wilayah Bima dan Dompu dalam kondisi cukup basah berkisar antara 50-90 persen pada lapisan permukaan hingga 500 hpa.

“Kondisi tersebut didukung pula oleh faktor lokal dengan nilai indeks labilitas sedang hingga kuat yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Bima dan Dompu,” terangnya.

Dari kondisi tersebut, secara umum kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu dari tanggal 24 hingga 26 Desember besok, berpotensi terjadi hujan dalam intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari.

“Itu dapat terjadi di wilayah Dompu, Woja, Manggalewa, Pajo, Hu’u, Parado, Kilo, Kempo, Pekat, Tambora, Sanggar, Donggo, Bolo, Palibelo, Madapangga, Woha, Soromandi, Lambitu, Langgudu, Wawo, dan Kota Bima,” sebutnya.

Informasi prakiraan tinggi gelombang signifikan di wilayah Bima dan Dompu dengan tinggi gelombang dapat mencapai hingga 2,5 meter di perairan Selatan Bima dan Dompu serta perairan samudera Hindia selatan NTB.

Topan mengimbau masyarakat agar wasapada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti terjadinya genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, jalanan licin, gelombang tinggi untuk penyebrangan, serta agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya Informasi Peringatan Dini Cuaca.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG wilayah Bima dapat membuka layanan informasi cuaca 24 jam,” tutupnya. MAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kondisi cuaca wilayah Bima dan dompu akhir-akhir ini menunjukkan kondisi yang signifikan, yaitu terjadinya hujan di sebagian besar wilayah Bima Dompu. Timbul...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Wilayah Bima merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung...

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST (Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Pada akhir bulan Maret 2021 Stasiun Klimatologi Lombok Barat NTB telah melakukan diseminasi informasi...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...