Ekonomi

BPPKAD Kabupaten Bima Optimis Lelang Tanah Penuhi Target PAD

Dra Faridah

Bima, Bimakini.- Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Bima optimis lelang tanah eks jaminan aparat desa Tahun 2019 penuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yakni sebesar Rp. 5,5 miliar.

“Kita optimis mampu mencapai target tersebut. Bahkan kita targetkan mencapai sekitar Rp. 6 miliar,” ujar Kepala Bidang Asset Kabupaten Bima, Dra. Faridah, saat dikonfirmasi, Kamis (5/12).

Kata Faridah, pencapaian target tersebut merupakan hasil lelang tanah sekitar 1.500 paket tanah. Baik yang diminati maupun tak diminati atau Penunjukan Langsung (PL). “Kalau hasil lelang yang diminati sekitar 55 persen. Sedangkan PL sekitar 45 persen,” ungkapnya.

Terkait masih banyaknya tanah lelang yang tidak diminati atau PL kedepannya akan dievaluasi. Apakah tanah-tanah yang tidak diminati itu nilai tendernya tinggi atau kondidi tanah yang kurang bagus.  Sehingga kedepan tidak ada lagi tanah PL, agar tercapaian PAD Tahun 2020  Rp 7,5 miliar terpenuhi.

Kasubid Pendataan dan Penatausahaan Aset, Firman juga menyampaikan bahwa capaian tahun ini cukup signifikan kalau dibanding tahun lalu. “Tahun lalu pertama kita diberikan untuk menangani persoalan tanah ini capainya hanya sekitar Rp 2,8 miliar. Kedepan akan kita terus evaluasi. Sehingga target itu terus meningkat setiap tahunnya,” pungkas Firman. (KAR)

Share
  • 26
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top