Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Dekranasda NTB Gelar Penganugerahan “Dekranasda NTB Award 2019”

Mataram, Bimakini.- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bank NTB Syariah, akan menggelar Penganugerahan Dekranasda NTB Award 2019, di Ballroom Hotel Lombok Raya, Sabtu (14/12/2019).

Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati, mengatakan Penganugerahan Dekranasda NTB Award 2019 ini terdiri dari dua komponen, yaitu Dekranasda NTB Award Kriya untuk kriya terbaik yang dimaksudkan untuk memacu perkembangan desain kriya NTB. Kedua, Lomba Desain Busana Berbahan Tenun Khas NTB, yang dimaksudkan untuk mendorong dan memacu kreativitas desainer NTB dalam membuat karya berbahan tenun yang dapat bersaing di ajang nasional maupun internasional. Hal ini sejalan dengan visi NTB menjadi salah satu pusat industri busana muslim nasional.

“Di era industri kreatif, kekayaan tradisi tenun dan potensi kerajinan di NTB perlu terus dieksplor, dikembangkan dan ditingkatkan kualitas dan kreativitasnya,” ungkap Hj Niken.

Dijelaskannya, untuk lomba desain busana tenun khas NTB, kategori yang dilombakan adalah busana kerja pria dan wanita, busana kasual remaja wanita dan pria, busana malam wanita muslim dan kategori busana malam pria.

Hj. Niken juga mengungkapkan bahwa juri untuk lomba busana tenun ini, terdiri dari dua orang juri desainer nasional, Wignyo Rahadi dan Irna Mutiara serta seorang juri desainer busana tenun NTB, Linda Hamidy Grander. Sedangkan juri untuk lomba kriya terbaik, adalah Efdalius Ruswandi, Riana Meilia dan Tarfi Abdullah.

Komposisi juri yang merupakan perpaduan juri nasional dan regional/daerah, dimaksudkan agar produk yang terpilih nantinya bisa merepresentasikan NTB, tidak keluar dari pakem yang ada dan laku di pasaran. Selain itu, kehadiran juri nasional memberikan saran atau feedback bagi para desainer lokal yang dilaksanakan dalam bentuk Coaching and Sharing Session.

Untuk lomba kriya terbaik akan dikelompokkan melalui kategori produk kerajinan, yakni kelompok keramik, kelompok serat alam, kelompok batu-batuan, kelompok kayu-kayuan, kelompok tekstil, kelompok logam dan kelompok material asli alami lain.

Penilaian lomba kriya terbaik harus memenuhi unsur excellence, authenticity, innovative, marketability, eco-friendly dan fair social responsibility.

Lomba ini diikuti oleh peserta dari perwakilan Dekranasda Kabupaten/Kota se NTB, organisasi perempuan, pelajar Sekolah Menengah Kejuruan, desainer inkubator Bank Indonesia dan perorangan umum di NTB. Nantinya, hasil terbaik pada Dekranasda NTB Award 2019 akan diikutkan pada Dekranas Award tahun 2020 di Jakarta.

Untuk diketahui, jumlah desain lomba busana tenun khas NTB yang telah terdaftar sebanyak 105 desain, terdiri dari busana kerja pria 11 desain, busana kerja wanita 17 desain, busana kasual pria 9 desain, busana kasual wanita 24 desain, busana malam pria 11 desain dan busana malam muslim wanita 33 desain.

Sementara jumlah kriya pada lomba kriya terbaik yang terdaftar, sebanyak 45 hasil kriya, terdiri dari kelompok serat alam 12 karya, bahan kulit 1 karya, kelompok kayu-kayuan 8 karya, kelompok tekstil 6 karya, kelompok logam 17 karya dan kelompok material asli alami lain 1 karya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati, menyerahkan bantuan modal usaha dari Dekranas Indonesia kepada...

NTB

Mataram, Bimakini.- Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Destinasi Pariwisata Super Prioritas Kuta Mandalika, NTB resmi dibuka Senin (9/11/2020), oleh Ketua Dharma Wanita Kemendikbud, Franka...

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Kunjungan Ketua Umum Dekranasda Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, berlanjut ke Kota Bima, Ahad (18/10/202). Sosialisasi penggunaan masker secara...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, mengatakan ajang Dekranasda NTB Award akan membantu para penggiat kriya yang sudah ada, untuk mampu  menumbuhkan jiwa...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dua duta  Kota Bima berhasil meraih juara pertama pada lomba fashion show tenun festival Lombok-Sumbawa di Hotel Lombok Raya, Sabtu (14/12)...