Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Di Kota Bima, Harga Minyak Tanah Kalahkan Pertamax Turbo

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Selama sebulan terakhir warga di Bima khususnya ibu-ibu dibuat resah dengan melambungnya harga BBM jenis Minyak Tanah (Mitan). Bahkan kini harganya melampaui  bahan bakar paling mahal yaitu Pertamax turbo 98, Rp 11.800/liter.

Sementara minyak tanah di Kota Bima saat ini menembus angka Rp 30 ribu/botol air mineral ukuran satu liter.  Sementara dari laman website https://www.pertamina.com/id/news-room/announcement/daftar-harga-bbk-tmt-10-februari-2019 untuk harga BBM jenis minyak tanah non subsidi dikisaran Rp 11.000.

Pun warga sudah mengeluhkan atas melambungnya harga minyak rakyat itu Sebulan lamanya. Keresahan warga belum ada reaksi dari pemerintah daerah. “Kami juga bingung dengan Pemda dan Pertamina di daerah, harga sudah Rp 30 ribu/liter tak ada langkah dilakukan,”  keluh St Asmah pada Bimakini.com.

Bagaimana tidak, harga minyak tanah dapat ini sudah tidak wajar lagi. “Masa harganya sudah mengalahkan Pertamax, ini kan aneh saja dan sangat membebani masyarakat,” ungkapnya.

Disisi lain,  warga tidak tahu jelas berapa Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak tanah bagi konsumen non subsidi. “Harusnya Pemkot Bima melalui dinas terkait segera turun lakukan pengawasan ke tingkat agen dan pengecer agar harga tak melambung seperti saat ini,” ujarnya.

Untuk itu dirinya mewakili masyarakat mendesak Wali Kota Bima untuk menegur bawahannya untuk melakukan sidak dan pengawasan.  Jika ada agen terbukti memainkan harga di atas HET dicabut saja ijinnya, karena sudah membuat rakyat resah.

Menurutnya, melambungnya harga minyak tanah diduga ada keterlibatan para agen dan pengecer. Jika dibiarkan, rakyat jadi korban.

Tambah Asmah, harus diakui konversi minyak tanah ke gas belum menyentuh semua lapisan masyarakat. Masih banyak warga takut menggunakan gas, karena trauma dengan kerawanan ledakan dan kebakaran. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Digaan penyeludupan minyak tanah (Mitan) bersubidi terus diungkap jajaran Polres Bima Kota.  Kali ini 1000 liter mitan diamankando Jalan Lintas Lintas Wera-Bima,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma II Sat reskrim Polres Bima mengamankan sekitar 300 liter minyak tanah (Mitan) subsidi), Sabtu (27/8/2022). Mitand iamankan di Jalan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma II Polres Bima Kota mengamankan BBM jenis minyak tanah yang diduga bersubsidi. Mitan yang diangkut menggunakan mobil bak terbuka...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Saat ini di Dompu Minyak Tanah (Mitan) sudah tidak lagi mudah diperoleh. Jika ada, maka para   ibu harus berebutan untuk mendapatkanya. Selain...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dua ibu-ibu perwakilan pedagang jajanan di Kelurahan Nae, Kota Bima, Kamis (12/12) siang mendatangi kantor DPRD Kota Bima. Mereka  mengadu soal...