Hukum & Kriminal

Dijaga Aparat, Eksekusi Lahan di So Ta’a Desa Rada  Lancar

Bima, Bimakini.- Personel Polres Bima bersama anggota Polsek Bolo dibawah pimpinan Kabag OPS Polres Kabupaten Bima, Kompol Jamaludin mengamankan  jalannya eksekusi lahan, Kamis (5/12). Tidak ada protes yang dilakukan pihak termohon.

Eksekusi lahan tersebut berdasarkan perintah Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB No.06/Pen.Pdt.G/2019/PN.Rbi  dalam perkara antara Muhammad Yusuf, SE asal BTN Mavilla Desa Bajur Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat sebagai penggugat sekarang disebut sebagai pemohon eksekusi dan lawannya H. M. Saleh warga RT 05 Desa Nggembe disebut sebagai tergugat sekarang sebagai termohon eksekusi.

Pantauan di lapangan, proses eksekusi tanah seluas 49 are yang terletak di So Ta’a tersebut diawali dengan pembacaan hasil keputusan yang dilakukan oleh Panitera Pengadilan Negeri Raba Bima, Endang Hartuti Wati, SH.

Selaku pemohon eksekusi, Muhammad Yusuf, SE, merasa bersyukur  telah selesai perkara dan memenangkannya. Ceritanya, tanah seluas 49 are tersebut awalnya dibeli oleh neneknya dari Yusuf Azis warga Desa Rada puluhan tahun lalu. “Berdasarkan cacatan yang dititipkan almarhumah (Nenek, red), tanah tersebut dibeli dari hasil penjualan tanah pusaka atau warisan yang merupakan hak milik nenek,” tuturnya.

Sejak Neneknya meninggal puluhan tahun silam, tanah tersebut digarap oleh adiknya Arabiah. Namun di tahun 2013, tanah tersebut diserobot oleh H. M. Saleh, dkk. “Sejak itu perkara mulai dilakukan hingga pada akhirnya dimenangkannya saat ini. Sebelumnya mereka naik banding terus sampai mengajukan kasasi di Mahkamah Agung,” jelasnya. (KAR)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top