Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

DPMDes Distribusikan Logistik Pilkades di Madapangga

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui DPMDes mendistribusikan logistik Pilkades serentak bergelombang Tahun 2019 teruntuk tujuh desa di Kecamatan Madapangga. Penyerahan logistik di aula kantor kecamatan, Rabu (4/12). Hadir Kabid Pemdes DPMDES Kabupaten Bima, Camat Madapangga dan unsur Muspika serta Panitia Pilkades dan BPD di tujuh desa tersebut.

Kabid Pemdes DPMDES Kabupaten Bima, El Faisal, SEI, MM, menyampaikan, logistik yang akan di serahterimakan ada beberapa aitem. Yakni  lembar plano penghitungan suara 2 lembar, tinta celupan 2 botol masing masing masing Desa, bantal coblos dan paku masing masing TPS per dusun, dokumen pendukung pelaksanaan pilkades.

Selain itu, berita acara penitipan kotak surat suara, susunan acara tahapan pemungutan dan penghitungan suara, ikrar Sumpah janji Panitia Pilkades. Berita acara pemungutan dan penghitungan suara sebanyak jumlah dusun dan keputusan panitia tentang penetapan kepala Desa terpilih.

Lanjut Faisal, logistik yang diserahkan yakni  jumlah surat suara sebanyak DPT dan tambahan. Surat pemberitahun waktu dan tempat pemungutan suara sebanyak jumlah DPT dan dokumen petunjuk tahapan pemungutan suara.

Dijelaskannya, petunjuk tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara Pilkades Tahun 2019 yang meliputi, TPS dan Kotak suara, lokasi pemungutan suara dengan pertimbangan jumlah pemilih, kotak suara di sediakan oleh panitia. Bilik suara di sediakan oleh panitia, kotak suara sudah tersedia paling lambat 3 hari sebelum jadwal penyerahan surat suara.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sedangkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara meliputi, ketentuan umum, ketentuan pra kegiatan pemungutan suara, ketentuan pembagian tugas pelayanan pemilih. “Juga mekanisme pemilih memberikan hak pilih karena halangan fisik dan mekanisme penutupan kegiatan,” beber Faisal.

Camat Madapangga, Mohammad Saleh, M. Ap, menyampaikan, sebelum logistik diterima, DPMDes bersama unsur lain mengawali dengan penghitungan jumlah surat suara yang diserah terimakan untuk memastikan jumlah sesuai dengan amplop per dusun. Adapun desa yang menerima logistik yakni Desa Bolo, Rade, Dena, Mpuri, Woro, Campa dan Madawau.

Kata dia, semua logistik masih ditittpkan di kantor kecamatan yakni dijaga ketat oleh anggota Sat Pol PP. Sesuai regulasi, logistik tersebut akan didistribusikan ke Panitia Pilkades pada hari pelaksanaan pencoblosan Pilkades yakni pada Senin (16/12), tepatnya usai shalat subuh. “Kita distribusikan semua logistik sebelum pelaksanaan pencoblosan,” tandasnya. (KAR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...