Ekonomi

Jelang Tahun Baru, Harga Sembako di Pasar Sila Naik

Suasana di Pasar Sila.

Bima, Bimakini.- Menjelang Natal dan Tahun Baru harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Sila Bolo naik. Seperti cabe, tomat, minyak goreng, bawang merah dan lainnya.

Salah seorang pedagang Pasar Sila, Mirna mengatakan, belakangan ini bahan pokok yang ia jual mengalami kenaikan harga. Akan tetapi kenaikan tersebut tak berpengaruh kurangnya pembeli. “Terutama cabe dan tomat sangat melonjak harganya,” jelasnya.

Dia menyebutkan, adapun bahan pokok yang harganya naik, antara lain cabe kriting Rp 40 ribu per kilo, cabe rawit Rp 40 ribu per kilo, dan Tomat Rp 15 ribu per kilo. “Hampir semua bahan pokok mengalami kenaikan harga,” katanya.

Hal senada juga disampaikan pedagang lain Erna. Kata dia, bahan pokok yang mengalami kenaikan harga antara lain Minyak Goreng, Bawang Putih, Merica, Cengkeh, Gula Merah, dan Gula Pasir. “Minyak goreng Bimoli Rp. 16 ribu per liter, bawang putih Rp. 35 ribu per kilo, cengkeh Rp. 120 ribu per kilo, merica Rp. 100 ribu per kilo, gula merah Rp. 12 ribu per kilo dan gula pasir Rp. 14 ribu per kilo,” bebernya.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Sila Kecamatan Bolo, Kaharuddin SH membenarkan kondisi seperti ini terjadi setiap menjelang Natal dan Tahun Baru. Hal itu disebabkan oleh banyaknya permintaan dan minat belanja masyarakat. “Setiap tahun memang seperti itu, mungkin pengaruh banyaknya permintaan,” ujarnya.

Meski harga barang naik, minat belanja warga kecamatan setempat tidak berkurang. Hal itu dibuktikan dengan kondisi pasar yang selalu ramai pembeli. “Sepertinya tidak berpengaruh pada minat belanja warga meskipun harga naik,” pungkasnya. (KAR)

Share
  • 52
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top