Pendidikan

Komite Sekolah Harus Maksimalkan Perannya

Pembinaan guru dan tata usaha di aula MAN Dompu oleh Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, Drs H Syamsul H Ilyas, MSi.

Dompu, Bimakini.-  Komite  adalah pilar keempat dalam pendidikan. Untuk itu, harus maksimalkan peranya dalam membantu penyelenggaraan pendidikan di madrasah.

Hal itu diingatkan  Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, Drs H Syamsul H Ilyas, MSi saat pembinaan guru dan tata usaha MAN Dompu, Rabu (4/12).

“Saya minta agar jajaran Aliyah Negeri untuk memaksimalkan peran komite” katanya di Aula MAN Dompu.

Selain komite, siswa , guru dan kepala  madrasah juga sangat menentukan bagi maju dan mundurnya pendidikan. Karena itu jangan sampai membiarkan peran komite  tidak maksimal. “Libatkan komite untuk memberikan andilnya dalam pengembangan madrasah,” katanya.

Lanjutnya, komite menjadi wadah bagi orang tua serta wali siswa untuk memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga untuk kemajuan lembaga. Dalam mengelola pendidikan tidak cukup diperankan oleh siswa, guru atau kepala sekolah.

“Namun semua pihak harus terlibat dan bersinergi bagi kemajuan pendidikan. Karena itu sehebat apapun pengawas atau kepala sekolah, tidak ada artinya tanpa ikhtiar dan usaha dari guru,” tambahnya.

“Madrasah juga harus bisa menunjukan jati diri,” lanjutnya.

Contohnya, jika azan berkumandang, tinggalkan aktifitas lain dengan memenuhi panggilan ibadah. Ikut hadir Kasi Penmad Drs. Muh . Iksan, MM, Ketua Pokjawas Kemenag, Drs Tarmiji, pengawas pembina dan Kepala MAN Dompu, Drs Khairudin HAB dan puluhan Guru dan Tata Usaha. (JUN)

Share
  • 23
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top