Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Mitan Mahal, Warga  Ramai-ramai Beralih ke Bio Solar

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Karena tidak ada langkah Pemkot Bima merespon melonjaknya harga minyak tanah (Mitan), banyak warga terpaksa mencoba menggantinya dengan bahan bakar Bio Solar. Bahkan ada sampai menambah campuran solar dan sedikit pertamax.

Walaupun belum teruji keamanannya, banyak warga memburu sumbu khusus bio solar dipasaran. Termasuk pasar online lokal banyak menawarkan penjualan sumbu khusus bio solar.

Harga untuk sumbu kompor bio solar dibandrol Rp 35 ribu per ikat. Harga bio solar sendiri dianggap lebih murah. “Terpaksa kita pakai minyak campuran, karena takut pakai gas,” terang Aisah, salah seorang ibu rumah tangga (IRT), Senin.

Lanjutnya, memakai bio solar dianggap lebih aman dibanding menggunakan gas. Apalagi harganya lebih murah dibanding minyak tanah yang kian mahal. “Dari pada pakai minyak tanah 30 ribu satu botol, lebih baik pakai campuran solar hanya 6.000 per liter,”  kata Aisah.

Hal sama disampaikan IRT lainnya, Raudatul. Dia mengaku terpaksa memakai bio solar, alasannya tidak lagi mengeluarkan uang tambahan untuk membeli kompor. Karena masih bisa memakai kompor lama, hanya mengganti sumbunya.

“Kan lebih aman dari pada pakai gas, kita pun hanya beli sumbu khusus pengganti sumbu kompor dari minyak tanah langsung bisa dipakai,” terangnya.

Bio Solar, kata dia,  membeli langsung ke SPBU. Terkadang harus Sering memeriksa kondisi sumbu kompor dan bau dari solar itu sendiri.

Dia berharap pemerintah secepatnya dapat menormalkan harga Mitan, sehingga warga tidak lagi menggunakan bio solar. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Digaan penyeludupan minyak tanah (Mitan) bersubidi terus diungkap jajaran Polres Bima Kota.  Kali ini 1000 liter mitan diamankando Jalan Lintas Lintas Wera-Bima,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma II Sat reskrim Polres Bima mengamankan sekitar 300 liter minyak tanah (Mitan) subsidi), Sabtu (27/8/2022). Mitand iamankan di Jalan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma II Polres Bima Kota mengamankan BBM jenis minyak tanah yang diduga bersubsidi. Mitan yang diangkut menggunakan mobil bak terbuka...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Saat ini di Dompu Minyak Tanah (Mitan) sudah tidak lagi mudah diperoleh. Jika ada, maka para   ibu harus berebutan untuk mendapatkanya. Selain...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dua ibu-ibu perwakilan pedagang jajanan di Kelurahan Nae, Kota Bima, Kamis (12/12) siang mendatangi kantor DPRD Kota Bima. Mereka  mengadu soal...