Ekonomi

Pemdes Rasabou Serahkan Bantuan Pemberdayaan

Pj Kades Rasabou saat serahkan bantuan pada warga

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou Kecamatan Bolo menyerahkan bantuan pemberdayaan kepada 85 warga setempat, di aula kantor desa setempat, Kamis (26/12). Hadir pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Kades Rasabou dan jajaranya, Unsur BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan penerima manfaat.

Pj. Kades Rasabou, Jamaludin  H. Atalib, menyampaikan, penyerahan bantuan pemberdayaan tersebut sebagai upaya dalam mendukung sekaligus meningkatkan usaha untuk kategori skala mikro. “Baik usaha dalam bidang pertanian, kuliner, kerajinan tangan, dan usaha mandiri lainnya,” ujar Jamaludin.

Tehnisnya, kata Jamaludin, penerima manfaat sebelumnya berdasarkan usulan program dari beberapa Sub bidang. Diantaranya, penanaman modal, pengembangan industri kecil level desa, Sub bidang Koperasi usulan Mikro, Sub bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga, Sub peningkatan kapasitas aparatur Desa, Sub  bidang pertanian dan peternakan. “Dari sekian nama yang diusulkan, sebanyak 85 nama terkofer, itu pun tercakup penerima manfaat yang diusulkan di tahun 2017 dan 2018,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sumber anggaran yakni DDS tahap III dan Perubahan dengan total dana sebesar Rp. 200 lebih juta. “Jenis bantuan yang diterima warga, berupa alat semprot, alat adonan/paster, mesin diesel, alat cukur, argo, mesin tepung, blender, mesin pahat, wajan, periuk besar, mixer, alat pengiring bawang, mesin gerinda, mesin bor, komputer, mesin cuci, laptop,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan pemberdayaan ini dapat bermanfaat, sehingga usaha dan ekonomi masyarakat kedepannya lebih meningkat. “Bagi warga yang belum tercafer untuk dapat bantuan tahun ini akan mendapatkan tahun berikutnya. Intinya bantuan secara berkesinambungan,” tutupnya. (KAR)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top