Ekonomi

Pemkab Dompu Harus Dorong Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat

Akademisi, Muhdar, MPd

Dompu, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Dompu sudah saatnya mendorong dan menerapkan konsep pariwisata berbasis masyarakat. Hal itu dikatakan  Kandidat Doktor, Muhdar, MPd yang juga pengajar di Dompu.

Menurutnya pengembangan sektor pariwisata berbasis masyarakat sudah banyak diterapkan dibeberapa daerah di Indonesia. Bahkan tambah pemilik Ori Coffee ini, sebagai upaya untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat lokal.

Caranya kata Pengajar di STKIP Yapis Dompu dan SMAN 2 Dompu ini, menjadikan  hal itu sangat penting. Pariwisata sebagai sektor prioritas kedua setelah pertanian. “Tapi dalam perencanaanya harus melibatkan banyak pihak,” katanya.

Seperti pengelola hotel, restoran, pemilik travel dan pers yang konsen pada pariwisata dan juga fotografer.

Muhdar juga berharap adanya penajaman rencana pengembangan pariwisata oleh Bappeda dan Litbang Dompu yang akan mengusung pariwisata berbasis masyarakat . Lanjut Alumni Universitas Negeri Makassar ini, dengan konsep tetap mempertahankan dan melestarikan sumber daya lokal dan sumber daya alam.

Karena katanya, langkah pengentasan kemiskinan tidak cukup dengan mengendalkan sektor pertanian semata. Tapi juga dipadukan dengan sektor lainya, yang menjanjikan seperti pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. (JUN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top