Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Setahun, Sat Lantas Polres Bima Tilang 9.099  Pengendara

IPTU Agus Pujianto,  SPd

Bima, Bimakini.- Kesadaran masyarakat pengendara baik roda dua maupun roda empat di wilayah hukum Polres Bima dinilai masih sangat kurang. Terbukti membengkaknya jumlah kendaraan yang terjaring razia selama operasi 2019.

Tercatat 9.099 kendaraan roda dua dan roda empat yang melanggar lalu lintas.  “Dari data kami tahun 2019, jumlah kendaraan terjaring razia akibat melanggar sebanyak 9.099 kendaraan roda dua dan roda empat,” jelas Kasat Lantas Polres Bima, IPTU Agus Pujianto,  SPd, Senin (30/13).

Lanjut dia, data itu terbagi menjadi dua, yaitu 4.339 kendaraan penilangan dan 4.701 teguran. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Paling dominan pengendara yang tidak menggunakan helm belakang, kemudian tidak melengkapi kendaraan dengan jaca spion, plat serta tidak memiliki SIM,”  sebutnya.

Kata dia, membengkaknya angka ini terjadi karena minimnya kesadaran penggendara. Seharusnya memakai helm, melengkapi surat kendaraan dan kelengkapan lainnya.

“Tujuan kami supaya dapat meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, dan menghimbau pengendara sadar akan berlalu lintas,” ujarnya.

Agus mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat yang telah tertib berlalu lintas. Salah satunya memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan meminta untuk lebih meningkatkan tertib lalu lintas.

“Dengan kesadaran berlalu lintas, maka dapat membantu tugas kepolisian, khususnya, polisi lalu lintas di jalan raya,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Berbagai macam cara terus dilakukan oleh Satlantas Polres Bima Polda NTB dalam menekan angka laka lantas dan menciptakan ketertiban berlalu lintas. Salahsatunya...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Jumlah kendaraan yang terjaring Operasi Patuh Rinjani 2023 teus bertambah. Hari ketujuh saja, Senin 17 Juli, 250 pengguna jalan yang melanggar aturan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kian meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan meninggal dunia, Satuan Lalu Lintas Polres Bima kini kembali menerapkan tilang non elektronik. Keputusan ini...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-Kasat Lantas Polres Bima Iptu Niko Herdianto SIK, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam pelaksanaan upacara bendera di SMAN 1 Palibelo Kecamatan Palibelo Kabupaten...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) serta mencegah tindak pidana kejahatan jalanan, Satuan Lalulintas Polres Bima Polda NTB melakukan...