Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tingkat Kedisiplinan ASN di Kota Bima Merosot Selama Tahun 2019

Kepala Bidang P2P BKPSDM Kota Bima, M Rosyid Ruum, SHum

Kota Bima, Bimakini.- Tingkat kesadaran dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara, untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kota Bima, selama tahun 2019 ini merosot tajam. Ini terlihat dari jumlah kasus disipliner yang diproses oleh BKPSDM Kota Bima.

Kepala Bidang P2P BKPSDM Kota Bima, M Rosyid Ruum, SHum membeberkan, selama tahun 2019 ini tercatat ada 130 kasus disipliner. 124 diantaranya, langsung diberikan sanksi teguran tertulis pertama selain dari pemotongan TKD yang harus diperoleh seorang ASN.

Lebih lanjut dijelaskan Rosyid, pelanggaran disiplin ini didominasi dengan ASN yang malas masuk kerja. Jumlahnya meningkat tajam, terlebih kala Sekda Kota Bima melakukan sidak pada November lalu.

“Pada bulan November itu, selain pemotongan TKD, kami langsung keluarkan surat peringatan tertulis atas perintah Sekda langsung,” ungkapnya.

Jika dibandingkan tahun 2018, kasus indisipliner ASN hanya berjumlah 44 kasus. Peningkatan kasus disipliner ini meroket. Artinya, tingkat disiplin pegawai di Pemkot tahun 2019 menurun tajam.

“Jika dilihat dari angka, memang tingkat pelanggaran disiplin ini meningkat tajam, ” aku Rosyid.

Lebih jauh dikatakannya, kasus-kasus yang mendominasi yang dilakukan ASN tahun ini akan menjadi rujukan dan evaluasi pengawasan disiplin pegawai tahun 2020 mendatang.

BKPSDM pun, mengaku akan semakin rutin menggelar sidak untuk memastikan pelanggaran disiplin yang dilakukan kalangan ASN berkurang.

Sementara itu, untuk kasus lain yang mendominasi adalah pengajuan perceraian dikalangan ASN. Tahun ini ada 24 pengajuan cerai, yang didominasi oleh perempuan dan hanya 8 yang diajukan oleh ASN laki-laki. (IKR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dalam dua bulan kedepan jabatan Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima dan DPPKAD akan memasuki masa purna tugas (pensiun). Namun hingga kini...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Per 31 Desember 2020 jabatan Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, H Syamsuddin akan berakhir. Begitu juga jabatan Kepala Dispar yang masih...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Di awal penerapan New Normal, BKSDM Kota Bima, Senin (15/6) melakukan memantau dan mengevaluasi (monev) ASN disejumlah OPD. Kepala BKPSDM Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mengaku akan mengevaluasi sikap pejabat BKSDM yang memindahkan ASN dilingkungan kerja RSUD Kota Bima....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima melalui BKSDM terus merampungan persiapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kota Bima Tahun 2020  yang akan dilaksanakan tanggal 6-12...