Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Tingkatkan Kondisi Sanitasi dengan Penyediaan Sarana Fisik

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menerima audiensi tim Joint Monitoring Programme (JMP) UNICEF, di ruang kerja Gubernur, Selasa (3/12)

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menerima audiensi tim Joint Monitoring Programme (JMP) UNICEF, di ruang kerja Gubernur, Selasa (3/12/2019). Dalam kesempatan tersebut tim JMP melaporkan hasil kunjungan lapangan dan advokasi pelaksanaan BASNO/setop BAB sembarang dan pengelolaan sanitasi domestik aman yang dilaksanakan bersama dengan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Gubernur mengatakan, penyelenggaraan pengelolaan air limbah domestik bertujuan untuk meningkatkan akses layanan sanitasi dan air limbah domestik yang aman dan ramah lingkungan, sehingga tercapai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik dan sehat.

“Peningkatan kesadaran dan partisipasi dari seluruh pemangku kebijakan sangat dibutuhkan dalam membangun sanitasi yang baik di Kabupaten Sumbawa Barat,” katanya.

Permasalahan sanitasi, lanjut Bang Zul, sapaan akrabnya, bukan hanya sekedar permasalahan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi, tetapi permasalahan prilaku hidup bersih masyarakat. Strategi untuk meningkatkan kondisi sanitasi di Kabupaten Sumbawa Barat tidak cukup hanya dengan penyediaan sarana secara fisik, tetapi perlu kegiatan non fisik berupa pemberdayaan masyarakat.

“Perlu adanya komunikasi yang baik, sehingga pembangunan sanitasi di daerah kita ini bisa terus berkelanjutan, demi meningkatkan kualitas hidup masyarkat kita di KSB,” kata Gubernur.

Sementara itu, Chief of WASH-UNICEF Indonesia, Ann Thomas, dalam kesempatan itu menjelaskan pelayanan sanitasi dan air limbah domestik yang aman dan ramah lingkungan adalah layanan yang memutus sumber pencemaran limbah domestik ke badan/sumber air. Layanan ini mencakup penampungan yang memenuhi standar teknis tangki septik kedap sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), sistem penyedotan/transportasi yang memastikan lumpur tinja sampai ke unit pengolahan, serta unit pengolahan limbah yang berfungsi (IPLT/IPAL).

“Banyak kita lihat penyakit disebabkan oleh kualitas rendah sanitasi yang mengancam kesehatan dan perkembangan anak, itu semua harus kita kurangi,” tuturnya

Beberapa tujuan program STBM di Kabupaten Sumbawa Barat, yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, menurunkan angka penderita yang disebabkan oleh penyakit yang berbasis lingkungan, dan mewujudkan lingkungan sehat dan bersih dari desa hingga wilayah.

“Dari seluruh pilar STBM tersebut, akan kami koordasikan dengan Tim kerja STBM dari tingkat desa hingga kelurahan,” tuturnya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Momentum deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM) untuk Desa Karombo, Desa Kadindi, Desa Kadindi Barat, Desa Beringin Jaya, Desa...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Y consultant Belanda bekerjasama dengan pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Dompu gelar Workshop akhir Integrated Total Sanitation Project For East...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.- Sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Dompu mengharapkan pemerintah terus memerhatikan masalah perpipaan dan sanitasi lingkungan. Mereka  juga mendesak wilayah yang belum dialiri pipa...