Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Wali Kota Bima Tanam Padi Saat Hadiri “Doa Dana” Kumbe

Wali Kota Bima saat menanam padi.

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mau bemain lumpur untuk menanam padi bersama masyarakat. Orang nomor 1 di Kota Bima ini tidak sungkan untuk ikut menanam padi, mesti harus kotor.

Kegiatan menanam itu dilakukan usai acara “Doa Dana” dalam rangka Musim Tanam Tahun 2019-2020 di So Kumbe, Kecamatan Rasanae Timur, Kamis (12/12).

“Kambali Mantoi” menjadi dasar pertimbangan dilaksanakan kegiatan Doa Dana ini. Tradisi Do’a Dana merupakan tradisi yang dilakukan menjelang panen padi juga mulai musim tanam tiba, hingga saat ini tetap di lestarikan oleh masyarakat Bima.

Tradisi tersebut sebagai ungkapan syukur kepada Yang Maha Kuasa, di tandai dengan makan bersama yang di gelar di tengah jalan, biasanya makanan yang di sajikan berupa bubur atau yang disebut oha karedo atau makananoha santa dengan ayam bakar. Tradisi ini sudah hampir punah, dan makin sedikit petani atau orang yang menyelenggarakan tradisi sebagai bentuk rasa syukur itu.

Hadir dalam kegiatan doa dana ini Kepala BNI Cabang Bima Muhammad Amir, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima Ir Hj Rini Indriati, Kepala Dinas Pertanian Kota Bima, Lurah Kumbe, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat serta puluhan petani di So Kumbe.

Wali Kota Bima, HM Lutfi menyampaikan bahwa ke depannya Kota Bima harus memiliki daerah unggulan di masing-masing kecamatan dengan ciri kekhasannya. “Perubahan mindset akan membawa kita pada kemajuan. Saya ingin para petani mampu memanfaatkan lahan dengan sebaik-baiknya dengan menanami lahan perkebunan dengan tanaman palawija,” ajaknya.

Baginya pemanfaatan lahan perkebunan dengan pohon-pohon peneduh yang diselingi dengan cabe, tomat dan terong akan jauh lebih menguntungkan para petani.

“Jangan sia-siakan hamparan luas yang Allah berikan kepada kita,” pungkasnya. (DED)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE,  menyampaikan telah melayangkan protes ke pemerintah Provinsi NTB terkait dengan status Kota Bima zona...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kota Bima rupanya kembali ditetapkan zona merah penyebaran corona virus desease 2019 (Covid19). Namun pelebelan itu mendapat reaksi dari Pemerintah Kota...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, mendesak agar penegakan hukum di wilayah Kota Bima terus ditingkatkan. Terlebih di tengah Pandemi Covid_19....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi melantik dan mengambil sumpah pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator lingkup Pemkot Bima Acara digelar...