Olahraga & Kesehatan

Waspada Penyakit di Musim Pancaroba

Drs H Azhari, MSi

Kota Bima, Bimakini.- Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, cukup rentan dengan sejumlah penyakit musiman yang menyerang masyarakat. Namun berbagai penyakit musiman ini, bisa menjadi wabah jika tidak diantisipasi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs H Azhari, Msi. Musim peralihan dari kemarau ke musim hujan ini katanya akan membuat banyak potensi penyakit musiman muncul.

“Penyakit musiman ini biasanya seperti penyakit masalah pencernaan dan pernapasan seperti ISPA dan diare. Ini diakibatkan cuaca yang tidak menentu, lingkungan yang tidak sehat dan kondisi tubuh yang tidak baik,” ucapnya, Rabu (11/12).

Selain ISPA dan diare lanjutnya, Dikes juga mewaspadai penyakit demam berdarah yang pada awal tahun 2019 melonjak tajam bahkan ada yang meninggal dunia.

“Untuk tahun 2019 itu, kasus DBD banyak sekali dan ada yang meninggal,” ungkap Azhari.

Dikatakannya, pencegahan terhadap penyakit musiman ini bisa dilakukan oleh masyarakat sendiri. Dimulai dari dalam rumah dan menyebarkannya ke lingkungan masing-masing.

“Pola hidup sehat itu yang penting. Menjaga kebersihan lingkungan dan rasa peduli, itulah yang harus dibangkitkan, ” tegas Azhari.

Khusus untuk kasus DBD, Azhari meminta masyarakat untuk waspada dengan gejala yang ditunjukkan. Ketika ada sanak keluarga yang menderita panas, maka harus segera memeriksakannya ke pusat layanan kesehatan terdekat.

“Layanan kesehatan dasar kita sudah banyak. Tumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan bersama, untuk ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, ” pungkasnya. (IKR)

Share
  • 45
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top