Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

2020, Diskominfo Kota Bima Dorong Bentuk KIM Tiap Kelurahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima tahun ini akan mendorong terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di setiap kelurahan.

Untuk KIM yang sebelumnya sudah ada pada beberapa kelurahan akan mulai ditingkatkan keberadaan dan perannya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Supawarman, KIM, Selasa (29/1) mengatakan, KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Pembentukan KIM nantinya oleh pemerintah kelurahan, sementara nama-nama KIM ditiap kelurahan di Kota Bima akan disahkan oleh Walikota Bima,” ungkapnya.

Untuk bentuk kerja – kerja KIM kata dia, akan diatur pada Peraturan Walikota (Perwali) Bima. Kelompok tersebut akan memberikan informasi kepada pemerintah, tentang permasalahan apa yang ada di masyarakat. Sehingga pimpinan daerah bisa langsung mengambil kebijakan dan solusi.

Pemerintah juga sambungnya, sesuai Perwali akan mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri, sebagai wahana informasi dalam masyarakat. Kemudian meningkatkan peran KIM dalam memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan masyarakat.

“Karena kelompok ini akan sangat membantu, rencananya nanti pemerintah akan memberikan bantuan sejumlah komputer,” katanya.

Tambah Supawarman menjelaskan, karena program KIM sejalan dengan keberadaan Rumah Aspirasi dibeberapa kelurahan, maka bisa dimanfaatkan Rumah Aspirasi untuk bekerja.

Kelurahan yang belum memiliki rumah aspirasi, untuk sementara bisa memakai kantor pemerintah kelurahan.

Dia menambahkan, tentu peran KIM nanti akan sangat diharapkan. Karena aktivitas kelompok tersebut dalam mendayagunakan informasi, dapat meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat dan meningkatkan aktivitas KIM dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Informasi dan Teknologi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Launching pusat kendali Informasi Tehnologi Comand Center Kota Bima terpaksa ditunda hingga awal Maret. Alasannya karena salah satu tim ahli terkonfirmasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mendukung upaya maksimalnya pelayanan  masyarakat serta verifikasi pembayaran Tukin tahun 2021, Pemkot Bima melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotik) akan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wilayah Kota Bima yang tidak bisa akses jaringan (blank spot), hingga tahun 2021 tidak dianggarkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) karena...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai Perda 9 tahun 2020 tentang  Perubahan atas Perda Kota Bima 5 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah Kota Bima....