Pemerintahan

Dompu Dikelilingi “Ring OF Fire”, BPBD Gelar Apel Siaga Bencana

Suasana apel siaga bencana di Dompu.

Dompu, Bimakini.- Kabupaten Dompu adalah salah satu daerah di NTB masuk wilayah yang dikelilingi oleh “Ring Of Fire”. Hal ini akan berdampak pada kebencanaan Geologi maupun Hidrometeorologi .

Hal itu disampaikan Dandim 1614 Dompu Letkol Ali Cahyono, SKom saat Apel gelar siaga bencana di Lapangan Beringin Dompu, Rabu (22/1).

Kebencanaan Geologi dan Hidrometeorologi itu kata Dandim, berupa gempa bumi, tanah longsor. Sementara bencana Hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Bencana itu sewaktu-waktu selalu mengintai kita,” katanya.

Karena itu, tambah Ali, sikap waspada dan sigap dalam menghadapi ketidakpastian bencana sangatlah penting. Apel siaga bencana ini bertujuan mengavaluasi bagaimana kesiapan dalam menghadapi bencana nantinya.

Lebih jauh Ali Cahyono mengatakan, dalam menghadapi cuaca yang ekstrim ini menghimbau agar tetap waspada serta berhati-hati. Kurangi perjalanan yang tidak perlu, peduli jalur evakuasi titik kumpul yang aman di wilayah masing-masing.

Selain itu, kata Dandim, jaga kebersihan lingkungan. Cari infomasi yang jelas dari petugas atau situs resmi, serta tingkatkan keimananan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Siaga Bencana itu Dandim 1614 Dompu, pemimpin Apel Dankin Brimob Dompu.

Apel diikuti dua peleton  pasukan Kodim, dua peleton pasukan Polres Dompu, Brimob 1 peleton, Polisi Pamong Praja 1 peleton, Dishub 1 peleton, BPBD 1 peleton, Tagana 1 peleton, Senkom 1 peleton , PMI 1 peleton dan Puskesmas 1 peleton serta Pramuka. (jun)

Share
  • 34
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top