Ekonomi

Gas Elpiji Langka, Komisi II DPRD Kota Bima Panggil OPD Terkait

Kota Bima, Bimakini.- Sikapi keluhan warga atas kelangkaan gas elpiji 3 Kg,  Komisi II DPRD Kota Bima menggelar rapat dengar pendapat (RDP)  dengan Bagian Perekonomian Setda Kota Bima.

Rapat digelar di ruang Komisi II, Rabu (15/1) Pukul 10.00 Wita. Persoalan kelangkaan elpiji berdasarkan adanya laporan dan pengaduan kelompok masyarakat serta Penjelasan adanya kegiatan operasi pasar elpiji 3 kg di Lapangan Serasuba.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Ekonomi Setda Kota Bima, Ruslan, SE di depan anggota dewan  menjelaskan, bahwa kelangkaan elpiji 3 Kg disebabkan adanya mogok kerja pegawai di SPBE Maronge Sumbawa. Adanya hambatan tersebut, akhirnya elpiji 3 kg menunggu suplay dari SPBE Mataram Lombok.

Tetapi setiap harinya Suplay elpiji 3 kg dari Lombok sebanyak 10 truk  besar untuk 3 wilayah, yakni Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. Untuk Kota Bima sebayak  3 truk didistribusikam dengan jumlah 1.680 tabung. “Insha Allah hari Kamis direncanakan dua fuso  atau   truk untuk Kota Bima, ” ungkap Kabag Ekonomi.

Dia menambahkan bahwa kelangkaan elpiji 3 kg ini mengakibatkan kenaikan harga kisaran Rp 18 ribu sampai Rp 23 ibu.  Seharusnya berdasarkan  HET hanya Rp 15 ribu dengan radius jarak 0-60 km.

Menanggapi hal tersebut, komisi II memberikan beberapa masukan terkait permasalahan kelangkaan elpiji. Agar ada sinergi dan keselarasan informasi antara eksekutif dengan legislatif terkait elpiji 3 kg.

Secepatnya dilaksanakan penertiban harga yang telah naik oleh tim teknis. Info jatah seharusnya dimiliki oleh per orang atau kepala keluarga, karena ada oknum masyarakat, 1 org bisa membawa 2 sampai 4 tabung.

Selain itu, Komisi II juga menyarankan agar sosialisasi dan edukasi intens dilaksanakan pada awal-awal tahun 2020. Karena konversi elpiji merupakan hal baru.

Komisi II DPRD Kota Bima siap mengkomunikasikan kekurangan anggaran untuk pelaksanaan sosialisasi. (DED)

Share
  • 11
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top