Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kades Harus Menjaga Kepercayaan Masyarakat

Camat Palibelo, Drs Darwis

Bima, Bimakini.- Kepala Perintahan Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Drs Darwis, menyampaikan selamat kepada kades terpilih yang dilantik, Senin (27/1). Diingatkannya, jabatan Kades tidak serta merta dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi dan kelompok, tapi harus memprioritaskan kepentingan umum dan menjaga kepercayaan masyatakat.

“Saya berharap Kepala Desa yang dilantik khususnya di Kecamatan Palibelo, agar selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat desa di tempat bertugas,”  ujarnya usai pelantikan, Senin (27/1).

Darwis menegaskan, penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari Pemerintahan Daerah. Kepala Desa sebagai salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepala menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lanjut dia, penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Kepala Desa mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya mengingatkan kepada Kepala Desa terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan desa, dimana setiap kepala desa agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran,” katanya.

Pergunakan anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap semua unsur dalam proses perencanaan pembangunan desa. Sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara kepala desa dan masyarakat.

“Kepada para Kepala Desa terpilih saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu, tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab,” ujarnya.

Darwis percaya Kepala Desa Nata, Dore, Tonggondoa dan Belo terpilih yang dilantik sebagai seorang pemimpin di Desa, hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) resmi melantik eks Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Firman, S.Pd., sebagai Kepala...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu resmi melantik 16 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tingkat Kabupaten Dompu massa jabatan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, melantik dan mengambil sumpah jabatan, 82 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Bima di halaman Kantor...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengambil sumpah jabatan 82 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Bima. Pelantikan dipusatkan di halaman Kantor...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 82 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kabupaten Bima hasil pemilihan serentak 16 Desember 2019 lalu akan dilantik Rabu 8 Januari 2020....