Pemerintahan

Kades Harus Menjaga Kepercayaan Masyarakat

Camat Palibelo, Drs Darwis

Bima, Bimakini.- Kepala Perintahan Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Drs Darwis, menyampaikan selamat kepada kades terpilih yang dilantik, Senin (27/1). Diingatkannya, jabatan Kades tidak serta merta dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi dan kelompok, tapi harus memprioritaskan kepentingan umum dan menjaga kepercayaan masyatakat.

“Saya berharap Kepala Desa yang dilantik khususnya di Kecamatan Palibelo, agar selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat desa di tempat bertugas,”  ujarnya usai pelantikan, Senin (27/1).

Darwis menegaskan, penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari Pemerintahan Daerah. Kepala Desa sebagai salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepala menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lanjut dia, penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Kepala Desa mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya mengingatkan kepada Kepala Desa terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan desa, dimana setiap kepala desa agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran,” katanya.

Pergunakan anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap semua unsur dalam proses perencanaan pembangunan desa. Sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara kepala desa dan masyarakat.

“Kepada para Kepala Desa terpilih saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu, tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab,” ujarnya.

Darwis percaya Kepala Desa Nata, Dore, Tonggondoa dan Belo terpilih yang dilantik sebagai seorang pemimpin di Desa, hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada. (MAN)

Share
  • 26
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top