Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Peserta Tes CPNS Diperiksa dengan Alat Metal Detector

Bima, Bimakini.- Sebelum memasuki ruangan ujian, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bima terlebih dahulu diperiksa menggunakan Metal Detector. Tujuannya, jangan sampai peserta membawa alat bantu atau hendak berbuat curang.

Kasat Pol PP, Kabupaten Bima, H. Sumarsono, SH, MH, mengatakan, pemeriksaan dengan menggunakan Metal Detektor sengaja diterapkan untuk mengetahui adanya benda benda yang disembunyikan oleh peserta.

“Sebelum masuk ruangan, kami periksa dulu. Itu berlaku kepada semua peserta tanpa terkecuali,” ujarnya di Kampus Vokasi Unram, Kamis (30/1).

Kata dia, peserta hanya boleh membawa masuk kartu ujian dan KTP saja. Selain itu, tidak diperbolehkan membawa apa apa. “Semua peserta dilarang membawa Hand Phone dalam ruangan. Karena sangat riskan untuk digunakan berbuat curang saat test,” ujarnya.

Dijelaskannya, pihaknya bersama anggota Pol PP lainnya sengaja diperbantukan pada pelaksanaan tes CPNS. Selain diintruksikan untuk memeriksa para peserta, sebagian anggota Pol PP lainnya menjaga barang peserta yang disimpan di tempat penitipan.

“Selain beberapa anggota PolPP Kabupaten Bima. Pengawasan test CPNS juga dilibatkan unsur Kepolisian Resor (Polres) Bima,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota PolPP, Rafik,  mengatakan, karena peserta tidak semuanya laki- laki, juga memeriksa peserta perempuan yakni dengan menggunakan Metal Detector.

Kata dia, adapun benda atau barang yang dilarang keras dibawa masuk oleh peserta dalam ruangan. Yakni Karena buku atau catatan lainnya, kalkulator, telepon genggam (HP), kamera dalam bentuk apapun, jam tangan dan balpoin.

Lanjut dia, apabila dalam keadaan yang mendesak, maka peserta dapat menunjukkan Kartu Keluarga (KK) atau surat keterangan pengganti identitas yang telah disahkan oleh pejabat berwenang. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Hingga sesi ke 27, Jum’at (1/10/2021) sudah 299 peserta yang tidak hadir mengikuti tes CPNSD Kabupaten Bima di Kampus Vokasi Unram. Ketidakhadiran...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) di Kampus Vokasi Unram Kabupaten Bima dimulai Jum’at (24/9/2021) lalu. Sebelumnya BKD Kabupaten Bima...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Untuk mengisi formasi kepegawaian tahun anggaran Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima kembali mengadakan  Seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Bima direncanakan berlangsung 24...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima dalam waktu dekat menyeleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Tenaga Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK). Informasi tersebut disampaikan oleh...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pelaksanan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bima ditunda. Dikarenakan mengantisipasi merebaknya Virus Corona atau Covid –...