NTB

Wagub NTB Kembali Kampanye Zero Waste

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, tiada henti-hentinya mensosialisasikan kampanye pilah sampah.
Didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Ir. Madani Mukarom, Wagub menghadiri kegiatan sosialisasi kampanye pilah sampah berbasis rumah tangga bagi organisasi wanita se Provinsi NTB, di Pendopo Wakil Gubernur di Mataram, Selasa (21/1/2020).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB, yang dihadiri seluruh organisasi wanita di NTB.

Wakil Gubernur yang sekaligus Ketua Umum BKOW, percaya bahwa BKOW salah satu organisasi yang stategis, selain karena didalamnya tergabung organisasi-organisasi wanita, anggota BKOW merupakan perkumpulan dari ibu-ibu pintar yang teredukasi sehingga memiliki peran yang sangat strategis membantu Pemerintah menangani permasalahan sampah.

Wagub mengatakan bahwa mewujudkan lingkungan NTB yang zero waste merupakan sebuah program merubah mindset masyarakat. “Merubah mindset berarti merubah kebiasaan masyarakat melalui edukasi yang berkesinambungan,“ tegasnya.

Dijelaskannya bahwa edukasi pemilahan sampah harus dimulai dari keluarga. Dalam hal ini, para ibu rumah tangga mempunyai peran strategis untuk dapat merubah mindset mengenai sampah, minimal di lingkungan keluarganya.

Untuk itulah para ibu yang tergabung dalam BKOW NTB, kata Wagub, akan gencar diberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai pemilahan sampah dari rumah sekaligus mengolahnya. Sehingga nantinya, ibu-ibu BKOW NTB ini tak hanya dapat memperaktekan langsung di rumah masing-masing. Tetapi juga ikut mensosialisasikan hal serupa di organisasi maupun dusun masing-masing melalui Posyandu Keluarga.

Menurut Wagub, butuh waktu untuk merubah mindset masyarakat. “Di negara maju saja dibutuhkan kurang lebih 10 tahun untuk membentuk sebuah system. Saya yakin warga NTB tidak sulit, selama kabupaten, kota dan desa merespon dengan baik program ini,” kata Wagub. PUR

Share
  • 6
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top