Politik

Bawaslu Sosialisasi Sengketa Pemilihan, Peserta Sorot Baliho

Bawaslu Kabupaten Bima saat menggelar sosialisasi.

Bima, Bimakini.- Bawaslu Kabupaten Bima,  Rabu (26/2) menggelat sosialisasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020. Namun, saat sosialiasi, peserta justru menyorot soal maraknya baliho lanjutkan 2 periode.

Sorotan tersebut disampaikan peserta sosialisasi saat acara saran usul yang dihelat Bawaslu Kabupaten Bima, di Rumah Makan Tepi Langit, Doro Belo, Rabu (26/2).

Kader PKS, Arif, saat diberi kesempatan berbicara mengatakan, spanduk dan baliho Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri terpampang di mana -mana. Kata dia, pada spanduk dan baliho tersebut, jelas tertera tulisan yang mengarah pada bentuk kampanye sebelum waktunya.

Sambungnya, seperti kata lanjutkan dan Salam 2 Periode. Kalimat tersebut jelas bentuk kampanye yang dilakukan oleh bakal calon dari petahana. Mereka mempertanyakan apakah Bawaslu tidak menindak dan menertibkan spanduk dan baliho dimaksud.

“Karena kuat dugaan spanduk dan baliho tersebut menggunakan APBD, jadi apakah tidak ada penindakan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bima,” tanyanya.

Menurutnya, karena keberadaan spanduk dan baliho tersebut dinilai meresahkan warga. Dari kegiatan sosialisasi ini, Arif meminta penjelasan serta sikap Bawaslu Kabupaten Bima menindaklanjuti adanya spanduk dan baliho yang sudah tersebar tersebut.

Menanggapi pertanyaan itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, SPd, menjelaskan, tugas Bawaslu melakukan pengawasan calon atau peserta. Pertanyaannya saat ini, siapa yang resmi menjadi calon atau peserta pada Pilkada 2020.

“Jika pertanyaannya itu , jawabannya sederhana. Siapa calonnya sekarang, sementara semua peserta saat ini masih bakal calon,” tegasnya.

Kemudian jika pembuatan spanduk dan baliho itu diduga menggunakan APBD, sementara spanduk dan baliho tersebut tertulis kata Lanjutkan dan 2 Periode. Lalu pertanyaannya Lanjutkan apa dan 2 Periode untuk apa.

“Ini harus dijelaskan dulu. Sementara 2 kata itu tidak jelas,” katanya.

Disinggung apa saja yang dilakukan Bawaslu saat ini, dirinya menyampaikan bahwa saat ini melakukan pengawasan. Termasuk mengawasi tahapan pemberkasan dukungan pasangan calon perseorangan di KPU.

“Selain itu pada kegiatan yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bima, juga kami melakukan pengawasan,” tegasnya. (KAR)

Share
  • 9
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top