Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Berantas DBD Dikes Kota Bima Utamakan PSN dan Abate

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Untuk berantas dan pencegahan demam berdarah Dengue (DBD) Dikes Kota Bima akan mengutamakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  dan Pembagian Bubuk Abate.

Kepala Dikes melalui Kabid P2PL, Syarifuddin S.Sos MPH dikonfirmasi mengaku  tindakan yang paling efektif adalah pencegahan melalui PSN atau pemberantasan sarang nyamuk seminggu sekali.

Selain itu, anggota kelurga di rumah masing-masing  dapat memastikan tidak ada wadah yang menyimpan air di dalam dan di luar rumah agar tidak jadi tempat bertelurnya nyamuk DBD

“Kita akan mengutamakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan pembagian abate untuk membunuh jentik, karena fogging itu tidak efektif untuk menekan kasus demam berdarah,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tambah Syarifuddin, sebab paling hilang nyamuk 1 atau 2 hari karena yang bisa terbang saja. Sedangkan PSN dan Abatesasi satu generasi nyamuk bisa terputus karena kita basmi sampai ketempat perindukannya.

DIjelaskanya, usia nyamuk yang sudah terbang itu 7 sampai 12 hari, setelah itu mereka mati. Banyaknya nyamuk baru yang muncul karena tempat perindukan nyamuk tidak diberantas.

Selain itu pihaknya akan mendatangi lagi lurah-lurah dan camat untuk menyampaikan iimbauan Walikota dan menyampaikan secara langsung untuk meluruskan tentang persepsi yang salah dalam pemberantasan DBD ini.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami akan minta lurah menyampaikan dan menugaskan kader kader posyandu yang ada di kelurahan untuk memantau rumah warga agar dipastikan bebas jentik nyamuk. Tidak ada temppat yang menampung air menjadi tempat perindukan nyamuk di rumah tangga,” ujarnya.

Kata dia, belajar dari tahun sebelumnya jumlah kasus 137 penderita,  meski fogging tetap muncul penderita baru. (DED)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Tim gugus tugas penanganan Covid-19 kota Bima diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) H Azhari menyerahkan MoU kepada Kepala Kejaksaan Negeri Raba-Bima,...

Pemerintahan

Kota Bim, Bimakini.- Pemkot Bima mengalokasikan angaran cukup besar untuk penanganan Covid19, sejak tahun 2020 dan 2021. Tahun 2020  sekitar Rp 28 miliar dan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Puskesmas Madapangga Eva Juniarti, SKM mengajak  seluruh  Pemerintah Desa (Pemdes) di Kecamatan Madapangga untuk memberantas jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD)...