Pemerintahan

Bupati Bima: Soal Banjir Jangan Salahkan Siapa-Siapa

Hj Indah Dhamayanti Putri, SE

Bima, Bimakini.- Meski belum memasuki puncak musim hujan, namun kondisi dibeberapa desa di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, kerap dilanda banjir. Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, meminta kepada masyarakat jangan menyalahkan siapapun.

Tetapi harus ada kesadaran bersama menjaga lingkungan. Pemda sendiri akan memaksimalkan perbaikan infrastrukrut jalan dan irigasi.

“Beberapa desa di Kecamatan Sanggar datang gerimis saja menjadi banjir, bagaimana kalau datang hujan,” ujarnya saat kunker di Sanggar, Jumat (29/2).

Lanjutnya, terkait antisipasi bahaya banjir, pemerintah telah membahasnya dengan Camat. Secara tekhnis ada rencana pengalihan air untuk mengurangi luapan banjir.

“Tergantung keadaan di lapangan nantinya, kami juga akan berkoordinasi dengan Provinsi NTB untuk membatu penanganan banjir dan bronjong,” ujarnya.

Bupati mengaku, tidak menyalahkan masyarakat menanam jagung, namun mengimbau agar batasi lahan-lahan yang tidak boleh ditanami sesuai tingkat kemiringan tertentu.

“Ini bukan salah siapa-siapa, tetapi tanggungjawab dan komitmen kita semua agar tidak terus menerus menerima banjir yang datang, kita wujudkan bersama kesadaran ditengah kehidupan masyarakat untuk tidak menggangu lahan produktif,” katanya.

Tahun 2020 ini, ada dua jembatan yang ditangani, satu jembatan Provinsi satu dan satu ditangani Kabupaten Bima. Peningakatan dan pembangunan Dam, alur sungai dan jembatan baru, bukan solusi menyelesaikan masalah banjir. Namun haru ada kesadaran dari masyarakat untuk tidak memanfaatkan halan terlalu fantastis.

“Semoga dengan pembangunan dan peningkatan infrastruktur di Kecamatan Sanggar bisa membantu permasalah pertanian dan banjir,” katanya. (MAN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top