Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dinilai tidak Transparan, Kades Padolo Didemo

Demo depan kantor Desa Padolo.

Bima, Bimakini.- Aliansi Mahasiswa Padolo Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, demo di depan Kantor Desa setemapat, Kamis (27/2). Mereka  menduga Kades tidak transparan dalam penggunaan anggaran Desa tahun 2019.

Korlap aksi, Lalas Kurniawan, mengatakan, penggunaan Dana Desa yang tertuang dalam APBDes tahun 2019 tidak terbuka. Bahkan ada indikasi konspirasi.

Mereka juga menyorot soal rencana pembayaran utang anggaran proyek tahun 2019  menggunakan dana 2020. “Kami menolak keputusan Kepala desa dan BPD untuk membayar utang anggaran pembanguan proyek di tahun 2019 yang dibebankan pada anggaran tahun 2020,” katanya.

Sementara Kades Padolo, Lukman, SE, menanggapi  aspirasi tersebut. Sebagai pemimpin menerima kritik yang membangun, asal jangan mengganggu dan menghambat proses membangun Desa Padolo.

“Dalam penetapan program kerja diawali musyawarah tingkat dusun dan tingkat desa bersama BPD, kemudian diwujudkan dalam tim RKPDes,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata dia, anggaran DDA bersumber dari APBN dan ADD bersumber daerah. Sebagai bentuk transparansi, dibuatkan informasi anggaran. “Kami pajang semua pelaksana program desa dan RAB dijelaskan secara umum, bukan secara rinci,” katanya.

Dia mengaku, pihaknya sudah transparansi. Bahkan setiap acara desa, tetap disosialisasikan.  “Informasi tidak bisa kami bocorkan, karena itu dokumen negara yang wajib periksa Inspektorat, biaya pajak dan biaya lainya terhitung bukan kami yang potong,” ujarnya.

Pemdes, kata dia, bekerjasama dengan karang taruna untuk bangun lapangan. Dalam pelaksanaan program, ada pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Pasca-konflik antara kelompok warga Desa Talabiu, Kecamatan Woha dengan Desa Padolo, Kecamatan Palibelo, Senin (6/7)  menyatakan islah. Keluarga korban penganiayaan, hingga  menyebabkan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Aliansi Mahasiswa Peduli Padolo, dari Ikatan Keluarga Alumni SMA Kae Woha (Ika Skawobi)-Kaltim, Formapp Waduwani dan KMW Bima-Makassar menyerahkan bantuan kepada korban...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kodim/1608 Bima dan Polres Bima, bergandengan tangan bersama masyarakat Desa Padolo memersihkan puing-puing sisa kebakaran. Masyarakat  dapat merasakan langsung keterlibatan aparat. Selain...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pencak Silat Bintang Timur (PSBT) Kabupaten Bima, kembali menunjukan kepedulian terhadap korban kebakaran di Desa Padolo, Kecamatan Palibelo. Mereka menyerahkan bantuan kasur...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M. Noer, MPd, kembali meninjau lokasi kebakaran dan...