Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Dirjen PDSPKP: Konsumsi Ikan Masyarakat Bima Meningkat

Bima, Bimakini.- Dirjen PDSPKP, Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Agus Suherman mengaku, konsumsi pangan ikan masyarakat Kabupaten Bima meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang masuk di kementerianya, kata Agus, konsumsi ikan masyarakat Bima mencapai 43 Kg, per orang per kapita. Hal itu melebihi konsumsi masyarakat di tingkat provinsi yang hanya 39 Kg per kapita.

“Tahun 2020 ini meningkat dibandingkan dengan Provinsi NTB. Ini bukti bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Bima sudah meningkat,’ ’ujarnya di hadapan Sekda Bima dan sejumlah pejabat Provinsi dan Kabupaten Bima, saat menghadiri acara Safari Gemarikan di Jalan Baru, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Ahad  (2/2).

Baca Juga: Safari Gemarikan Meriah, Dirjen Sumbang Mobil ATI

Menurutnya, melalui Safari Gemarikan, tergambar betapa besar potensi Perikanan dan Kelautan yang dimiliki Kabupaten  Bima. “Saya berharap melalui program Pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dapat ditingkatkan, karena kementerianya tetap terbuka bagi pemerintah daerah yang mengajukan surat dan proposal,” katanya.

Kegiatan Gemarikan akan membantu masyarakat, menyadarkan mereka untuk mencintai makanan yang bahan bakunya dari ikan, mengkonsumsi ikan itu sangat penting. “Kegiatan di Kabupaten Bima ini merupakan yang kedua setelah di Provinsi Aceh, kami akan terus meningkatkan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Terkait rencana Pemkab Bima yang menghendaki agar dibangun pabrik es, menurut  Dirjen, siap membantu. Pihaknya meminta agar Pemkab segera menyampaikan pada pusat, analisis kebutuhan juga coast maritim untuk membantu pengelolaan hasil laut di teluk Bima.

“Segera didesigne gambar dan lain-lain yang sesuai kebutuhan masyarakat, ukuran mesin dan rincian semuanya,” katanya.

Agus menyampaikan terima kasih pada masyarakat Bima, yang telah banyak memanfaatkan semua jenis bantuan dari pusat, bantuan yang disalurkan pusat tidak mangkrak, yang berakibat pada persoalan hukum.

“Ini penghargaan kami yang sangat luar biasa, Masyarakat Bima sudah banyak memanfaatkannya dan menjaganya dengan baik,” aku Agus.

Dirjen meminta agar yang diusulkan ke pusat itu benar-benar dibutuhkan masyarakat. Karena berdasarkan laporan Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima, bahwa 15 Kecamatan dan 164 Desa se Kabupaten Bima berada di wilayah pesisir.

“Itu potensi bagi Kabupaten untuk segera dikembangkan. Bila perlu, semua diarahkan menjadi sektor wisata Ikan, laut dan Pertanian. Kalau itu sudah dilakukan, maka untuk yang akan datang tidak susah dipromosi,” jelasnya.

Dirjen menghimbau agar event seperti yang dilakukan ini dapat terus dilakukan melibatkan semua komponen dan stake holder di Kabupaten, hasil-hasil olahan, yang bahan bakunya dari ikan dan laut tetap dikembangkan, didukung sampai ke tingkat Nasional bukan saja pada tingkat Kabupaten dan Kota. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Gerakan Pangan Murah yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan Bulog Cabang Bima mendapat apresiasi dari warga....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Warga Desa Kore, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Rabu 21 Februari 2024 berebutan membeli beras saat kegiatan Gerakan Pasar Murah oleh Dinas Ketahanan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Jumlah cadangan Pangan Kabupaten Bima untuk tahun 2024, sebanyak 7 ton. Bertambah setengah ton dari tahun sebelumnya. Padahal, pada 2023 lalu, beras...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Program perioritas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima, pengembangan komoditi rumput laut di Wilayah Kecamatan Langgudu, Monta, Sape dan Palibelo. Sekretaris...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.I.K, Rabu (5/8) ikut serta dalam kegiatan Safari yang bertema Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang...