Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Ditemani Gubernur NTB, Wapres Tinjau RTG di Lombok

Mataram, Bimakini.-  Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, melakukan peninjauan Rumah Tahan Gempa (RTG) yang telah selesai dibangun dan siap huni oleh para korban gempa tahun 2018 lalu, di Dusun Gontoran Barat, Kelurahan Bertais, Kota Mataram, Rabu (19/2/2020).

Dusun Gontoran Barat merupakan salah satu lokasi yang terdampak gempa, dengan tingkat kerusakan paling parah di wilayah Kota Mataram. Saat ini, pembangunan Rumah Tahan Gempa di Dusun Gontoran Barat telah selesai 100 persen dan sudah ditempati oleh masyarakat korban gempa. Dalam kurun waktu satu tahun, sebanyak 199.006 RTG se NTB, yang sudah dapat diselesaikan.

Wapres yang didampingi Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, dihadapan wartawan mengatakan, kunjungannya di Dusun Gontoran Barat, untuk melihat langsung hasil dari pembangunan Hunian Tetap (Huntap) RTG korban gempa.

Wapres berharap masyarakat akan merasa puas dengan hasil pembangunan yang telah selesai dilakukan. “Mudah – mudahan masyarakat puas dengan hasil pembangunan yang telah dilakukan,” ujarnya.

Wapres mengatakan, Pemerintah akan terus berusaha memberikan program pembangunan dengan kualitas terbaik. Dengan terbangunnya RTG yang baik, diharapkan masyarakat akan bisa membangun kehidupan lebih baik di masa yang akan datang. “Semoga masyarakat bisa membangun kehidupan lebih baik di masa akan datang,” tutupnya.

Sementara itu, terkait dengan adanya sisa pembangunan rumah korban gempa sebanyak 21.000 yang belum selesai dibangun, Gubernur NTB menjelaskan bahwa hal itu dikarenakan adanya gempa susulan yang mengakibatkan perubahan status rumah korban gempa. Dimana pada mulanya dengan status rusak ringan, namun karena adanya gempa susulan tersebut berubah status menjadi rusak berat.

“Perubahan status ini menjadi faktor keterlambatan pembangunan RTG di NTB. Karena harus dilakukan update data oleh BNPB,” jelas Gubernur.

Danrem 162/WB, Kolonel czi Ahmad Rizal Ramdhani, juga menjelaskan sebanyak 21.000 sisa pembangunan rumah korban gempa di NTB, saat ini telah dalam tahap pendebetan di pihak perbankan. Tinggal menunggu tahapan pembentukan Pokmas, untuk kemudian dilakukan pencairan dan dilakukan pembangunan.

Untuk mendukung penuntasan sisa pembangunan RTG di NTB, dalam waktu dekat TNI akan mengirim 1000 personil dengan kemampuan khusus konstruksi. Dengan hal ini diharapkan proses pembangunan dapat dirampungkan dalam waktu 2-3 bulan ke depan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lingkungan Gontoran Barat, H. Salikin, dihadapan Wapres dan Gubernur NTB, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah dan unsur TNI, atas bantuan dan kerja kerasnya sehingga progres pembangunan rumah korban gempa di Dusun Gontoran Barat dapat selesai 100 persen. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Lombok Timur, Bimakini. – Perayaan puncak Hari Jadi ( HADI) ke 68 organisasi Nahdlatul Wathan yang jatuh pada 1 Maret 2021, dirayakan melalui offline...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Presiden RI, Prof. Dr (H.C) KH. Ma’ruf Amin didampingi istri, Hj. Wury Estu Handayani, kembali melakukan kunjungan kerja ke NTB. Setelah...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah beserta istri Hj. Niken Saptarini, didampingi seluruh rombongan FKPD NTB menyambut kehadiran Wakil Presiden Republik...

NTB

Mataram, Bimakini.- NTB berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019, dengan kualifikasi tertinggi, yakni Badan Publik Informatif Tahun 2019. Tujuh provinsi lainnya se...

Politik

Mataram, Bimakini.- Calon Wakil Presiden Prof. Dr. KH Maruf Amin, melakukan silaturahim dengan keluarga besar Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani, Jumat (26/10/2018). Kehadiran...