Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Empat Warga Ndano Digigit Anjing Diduga Rabies

Korban mendapat perawatan medis.

Bima, Bimakini.- Nahas dialami empat warga Desa Ndano Kecamatan Madapangga diserang dan digigit anjing liar.  Mereka adalah Arsyad (47), warga RT 09, Fitria (30) asal RT 08, H. M.Tayeb (60) dan Rosdiani (28) warga RT 03.

Empat warga Ndano itu digigit anjing yang sama di lokasi berbeda, sekitar pukul 06.10 Wita, Ahad (23/2). Akibatnya, empat warga mengalami luka luka dan dibawa ke Puskesmas Bolo untuk mendapatkan perawatan medis.

Kepala Desa (Kades) Ndano, Mulyadin H. Syukur, membenarkan perisitiwa nahas dialami empat warganya.   “Akibat digigit anjing tersebut, korban dibawa ke Puskesmas Bolo untuk mendapat perawatn medis,” ujar Kades.

Kata dia, anjing tersebut berhasil dibunuh oleh warga. Namun dirinya belum mendapat informasi resmi dari mana datang anjing itu. “Korban pertama kali digigit anjing yakni Arsyad, Fitria, H. M. tayeb dan korban terkahirnya adalah Rosdiani,” ungkap Kades.

Petugas jaga Ruangan IGD Puskesmas Bolo, Nuryansah, AMD, Kep, mengatakan, dari empat korban tersebut, dua orang dibawa ke Puskesmas Bolo. Yakni H. M. Tayeb dan Rosdiani.

“H. M. Tayeb alami luka gores pada pelipis kiri, robek pada tangan kanan dan luka robek pada kaki kanan. Sedangkan Rosdiani, alami luka robek di jari tengah dan telunjuk pada tangan kiri,” tuturnya.

Lanjutnya, dua warga itu sudah dirawat sesuai prosedur. Yakni sebelum diberikan tindakan lanjutan, luka korban dicuci dengan menggunakan air mengalir selama 15 menit.

“Luka korban juga dicuci dengan cairan Natrium Chlorida,” ucapnya.

Setelah itu, kata dia, korban juga tetap mendapatkan perawatan lanjutan. Yakni diberikan vaksinasi pada hari ke 7 dan ke 21.  “Tadi sudah divaksinasi yakni hari pertama,” jelasnya. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) kembali terjadi di Dusun Lara Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Kamis (17/11/2022) lalu. Kali ini,...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Anjing gila (rabies) hingga kini masih menghantui warga Kabupaten Dompu. Baru-baru ini, 2 (dua) orang warga Lingkungan Jado, Kelurahan Dorotangga, SN...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Empat warga Desa Campa Kecamatan Madapangga digigit anjing diduga rabies di So Soka watasan desa setempat, Ahad (31/5). Empat warga tersebut, yakni...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- A Gani, warga RT 15/RW 05 Kelurahan Jatibaru Timur, Kota Bima, Ahad (3/5) meninggal dunia diduga akibat gigitan anjing rabies. Namun...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah didesak warga dan anggota DPRD, Pemkot Bima melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dipertanak) mulai Jum’at malam (7/2) melakukan eliminasi atau...