Peristiwa

Empat Warga Ndano Digigit Anjing Diduga Rabies

Korban mendapat perawatan medis.

Bima, Bimakini.- Nahas dialami empat warga Desa Ndano Kecamatan Madapangga diserang dan digigit anjing liar.  Mereka adalah Arsyad (47), warga RT 09, Fitria (30) asal RT 08, H. M.Tayeb (60) dan Rosdiani (28) warga RT 03.

Empat warga Ndano itu digigit anjing yang sama di lokasi berbeda, sekitar pukul 06.10 Wita, Ahad (23/2). Akibatnya, empat warga mengalami luka luka dan dibawa ke Puskesmas Bolo untuk mendapatkan perawatan medis.

Kepala Desa (Kades) Ndano, Mulyadin H. Syukur, membenarkan perisitiwa nahas dialami empat warganya.   “Akibat digigit anjing tersebut, korban dibawa ke Puskesmas Bolo untuk mendapat perawatn medis,” ujar Kades.

Kata dia, anjing tersebut berhasil dibunuh oleh warga. Namun dirinya belum mendapat informasi resmi dari mana datang anjing itu. “Korban pertama kali digigit anjing yakni Arsyad, Fitria, H. M. tayeb dan korban terkahirnya adalah Rosdiani,” ungkap Kades.

Petugas jaga Ruangan IGD Puskesmas Bolo, Nuryansah, AMD, Kep, mengatakan, dari empat korban tersebut, dua orang dibawa ke Puskesmas Bolo. Yakni H. M. Tayeb dan Rosdiani.

“H. M. Tayeb alami luka gores pada pelipis kiri, robek pada tangan kanan dan luka robek pada kaki kanan. Sedangkan Rosdiani, alami luka robek di jari tengah dan telunjuk pada tangan kiri,” tuturnya.

Lanjutnya, dua warga itu sudah dirawat sesuai prosedur. Yakni sebelum diberikan tindakan lanjutan, luka korban dicuci dengan menggunakan air mengalir selama 15 menit.

“Luka korban juga dicuci dengan cairan Natrium Chlorida,” ucapnya.

Setelah itu, kata dia, korban juga tetap mendapatkan perawatan lanjutan. Yakni diberikan vaksinasi pada hari ke 7 dan ke 21.  “Tadi sudah divaksinasi yakni hari pertama,” jelasnya. (KAR)

Share
  • 630
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top