Hukum & Kriminal

Gunawan : Masyarakat Butuh Keamanan dan Kenyamanan

Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, SH, SIK

Bima, Bimakini.- Masyarakat di wilayah hukum Polres Bima membutuhkan keamanan dan kenyamanan. Jangan hidup di bawah tekanan dan ketakutan akibat tindakan oknum melawan hukum.

“Saya harap masyarakat melaporkan kepada aparat, bila ada pribadi maupun kelompok yang berbuat mengancam kehidupan orang banyak atau umum. Karena kita harus hidup aman dan nyaman di tengah masyarakat,”  tegas Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, SIK, Selasa (18/2).

Menurutnya, ada beberapa desa di wilayah hukum Polres Bima muncul gangguan dari perorangan dan kelompok. “Menurut saya individu maupun kelompok yang kerap melakukan kejahatan terhadap orang lain itu ada. Hanya saja masyarakat takut melaporkan, karena akan menjadi ancaman tersendiri  ketika melaporkan kejadian tesebut ,” katanya.

Perlu dilakukan penegakkan hukum seadil-adilnya, kata dia, karena polisi bertugas menjamin keamanan, ketentraman dan kenyamanan masyarakat. “Laporkan kepada kami, kami akan profesional dalam jalankan tugas, melakukan penindakan hukum yang adil, karena kami ditugaskan melindungi dan mengayomi masyarakat secara umum,” jelasnya.

Pihaknya berkewajiban melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Slogan itu merupakan amanat konstitusi disebutkan secara eksplisit dalam Perubahan Kedua Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 30 ayat (4), kemudian dalam Ketetapan MPR RI No VII/MPR/2000 Pasal 6 ayat (1).

“UU tersebut menyebutkan peran Polri untuk Memberikan Pengayoman, dan Pelayanan kepada Masyarakat,” ujarnya.

Gunawan mengimbau kepada anggota Polri Polres Bima dan Polsek, untuk dapat bekerja maksimal berbaur dan mendekatkan diri dengan masyarakat. Membangun sinergitas, serta membangun komunikasi dengan semua pihak. Tunjukkan negara hadir ditengah masyarakat dalam memberikan pelayanan keamanan,  kenyamanan dan ketentraman dalam kehidupan masyarakat.

“Saya berharap bahwa masyarakat dapat bekerja sama dengan baik dan mendukung tugas tugas pihak kepolisian, guna menjaga kondusifitas wilayah masing masing demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman, lancar dan kondusif,” harapnya. (BE05)

Share
  • 24
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top